Wednesday, February 19, 2014

Lapang dengan Cermin di Rumah Mungil

Posted by on Wednesday, February 19, 2014

Manfaat Cermin di Rumah Mungil

Cermin adalah benda dengan permukaan rata dan halus yang mampu memantulkan hampir seluruh cahaya yang jatuh padanya sehingga terbentuk bayangan. Terdapat tiga jenis cermin, yakni cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung.

Awalnya cermin dibuat dari batu mengkilap seperti batu obsidian, suatu kaca volkanik yang terbentuk secara alami. Cermin juga pernah dibuat dari logam seperti tembaga dan perunggu yang disepuh. Sekitar abad ke 16 cermin dibuat dengan cara melapisi kaca dengan amalgam timah raksa. Proses pembuatan cermin terus mengalami perkembangan. Saat ini cermin diproduksi dengan cara mengendapkan aluminium langsung ke substrat kaca.

Kebanyakan cermin modern terdiri dari lapisan tipis aluminium disalut dengan kepingan kaca. Pelapisan cermin dengan kaca ini membuat cermin lebih tahan, namun mengurangi kualitas cermin karena tambahan biasan kaca. Cermin seperti ini membalikkan sekitar 80% cahaya yang datang, Bagian belakang cermin sering dicat hitam sepenuhnya untuk melindungi logam dari pengikisan. (sumber: wikipedia).

lapang dengan cermin di rumah mungil


Cermin yang banyak digunakan dalam interior ruangan adalah cemin datar. Sifat bayangan pada cermin datar diantaranya maya, sama ukuran, sama tegak, berlawanan arah dan sama jarak dengan benda aslinya. Berdasarkan sifat-sifatnya tersebut, kehadiran cermin dalam ruangan mampu memberikan beberapa fungsi, diantaranya:
  • Mampu menggandakan ruangan sehingga ruang mungil nampak lebih luas. 
    • Cermin besar yang dipasang pada satu sisi ruangan mampu membuat ruangan dua kali lebih besar
    • Cermin memanjang ke atas seukuran pintu merupakan kamuflase opening yang cukup unik. Coba tambahkan cermin seukuran pintu di dinding dan orang akan berfikir cermin tersebut adalah lorong menuju ruang lain
    • Penempatan beberapa cermin dengan sudut tertentu dapat menggandakan ruang lebih banyak dengan jumlah bayangan yang terbentuk ((360/sudut antar cermin)-1), sehingga
      • Jika ingin membuat ruangan 3 kali lebih luas, pasang dua cermin besar dengan sudut 120' (akan terbentuk 2 ruang bayangan dan 1 ruang asli). Bisa coba diterapkan di rumah dengan ruang miring.
      • Jika ingin membuat ruangan 4 kali lebih luas, pasang dua cermin besar dengan sudut 90' (akan terbentuk 3 ruang bayangan dan 1 ruang asli). Bisa dicoba untuk memperluas sudut sempit dalam rumah.
      • Jika ingin membuat ruangan 6 kali lebih luas, pasang dua cermin besar dengan sudut 60' (akan terbentuk 5 ruang bayangan dan 1 ruang asli). Bisa coba diterapkan di rumah dengan sudut miring. Penambahan dua kaca dan satu meja segitiga di sudut ruangan akan membentuk satu ruang segi enam dengan meja segi enam di tengah-tengah
      • Jika ingin membuat ruangan tampak tak terbatas, pasang dua cermin besar dalam posisi saling berhadapan. Bayangan yang terbentuk akan saling memantul membentuk bayangan dengan jumlah tak terbatas.
  • Menggandakan cahaya sehingga ruang gelap nampak lebih terang
    • Cermin mampu memantulkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya. Coba tempatkan cermin di belakang lampu dan ruang gelap akan terasa jauh lebih terang
  • Mempunyai fungsi dekoratif yang dapat mempercantik ruangan
    • Cermin tidak selalu hadir dalam bentuk standar tanpa tepi atau dengan tepi polos. Cermin seringkali juga dijadikan sebagai bagian dekoratif dalam rumah dalam bentuk cermin hias. Cermin dengan berbagai model, bentuk dan tepi menarik banyak ditawarkan saat ini. Dengan penempatan yang tepat cermin hias ini dapat menambah estetika dalam rumah.
  • Meningkatkan mood dan menambah kenyamanan dalam rumah
    • Tidak bisa dipungkiri rasa lapang yang dihadirkan cermin di dalam ruang mungil mampu menambah kenyamanan tersendiri. Meskipun ruang lebih yang dihadirkan oleh cermin hanya ilusi semata dan tak dapat dijangkau, namun bagi mata, ruang "palsu" tersebut sudah cukup untuk memberi rasa lapang yang akan menjauhkan perasaan "terkungkung" di ruang mungil sehingga dapat membantu meningkatkan mood penghuni rumah. Refleksi diri yang dapat dilihat dalam cermin juga mampu menambah semangat tersendiri
  • Mampu meningkatkan energi positif dalam rumah
    • Keberadaan cermin dalam rumah tidak hanya mampu menggandakan bayangan namun juga menggandakan energi positif yang dipantulkannya. Karenanya cermin baik ditempatkan di ruang dengan banyak energi positif seperti di dekat meja makan. 
  • Pelengkap berbagai furniture dalam rumah
    • Saat ini, cermin tidak hanya hadir dalam bentuk terpisah. Cermin sudah menjadi bagian dari berbagai perabot dalam rumah. Lemari, meja rias, partisi, rak pajangan, wastafel dan berbagai perabot lainnya, terkadang tak lengkap jika dibuat tanpa cermin. Bahkan di dapur, backdrop kitchen set terasa lebih menarik jika menggunakan cermin.
  • Mampu menampilkan kesan elegan, mewah dan futuristik di dalam rumah.
    • Keberadaan cermin besar dalam rumah yang relatif mahal mampu memberikan kesan mewah dalam rumah. Terlebih pelipatgandaan ruangan yang dihasilkannya mampu membuat rumah terasa jauh lebih besar sehingga nampak lebih megah.

Demikian beberapa manfaat penempatan cermin di rumah versi RUMAH mungil KITA. Tertarik menempatkan banyak cermin di dalam rumah? Simak beberapa tips pemasangan cermin di rumah mungil dalam Tips Pengaplikasian Cermin di Rumah Mungil.

logoblog

» Thanks for reading: Lapang dengan Cermin di Rumah Mungil

No comments:

Post a Comment