Monday, December 23, 2013

Tips Membuat Rumah Mungil Terasa Lebih Luas

Posted by on Monday, December 23, 2013

Tips Membuat Rumah Mungil Terasa Lebih Luas


Rumah mungil tak harus selalu terlihat sempit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar rumah mungil terlihat lebih luas. Cara-cara tersebut sebelumnya sudah tersirat secara tidak langsung dalam berbagai desain rumah yang ditampilkan oleh RUMAH mungil KITA. Namun tak ada salahnya kembali mereview apa saja yang dapat dilakukan agar rumah mungil terlihat lebih luas. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah mungil terlihat lebih luas.

tips membuat rumah mungil terasa lebih luas



  • Pencahayaan
    • Pencahayaan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan jika ingin rumah mungil kita terlihat lebih luas. Mata kita mempersepsi sesuatu berdasarkan banyaknya cahaya yang terpantul dari suatu benda dan diterima oleh mata. Semakin terang suatu ruangan, semakin banyak cahaya yang terpantul. Itulah sebabnya mengapa ruangan terang cenderung terlihat lebih luas . Sebaliknya, semakin gelap suatu ruangan, semakin sedikit cahaya yang dipantulkan dan diterima oleh mata sehingga ruangan terasa lebih sempit. 
    • Pencahayaan memadai dalam suatu rumah bisa didapatkan dari pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Di siang hari, ada baiknya memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah. Caranya, sebisa mungkin semua ruangan di dalam rumah memiliki akses langsung ke luar rumah dengan adanya jendela. Jendela, selain untuk pertukaran udara juga penting agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Adanya jendela dalam rumah mampu membuat ruangan jauh lebih sehat untuk ditempati. 
    • Di malam hari pencahayaan bisa dimaksimalkan dengan penempatan dan pemilihan lampu yang tepat. Ada baiknya ditempatkan beberapa lampu dengan fungsi berbeda. Di saat petang, dimana masih banyak kegiatan yang harus dilakukan, sebaiknya menggunakan lampu terang seperti lampu LED. Sedang di malam hari, saat sudah lelah dan dekat waktu untuk tidur, gunakan lampu yang lebih redup. 
  • Pemilihan warna yang tepat
    • Pemilihan warna juga merupakan salah satu faktor penting yang mampu memberi kesan lebih luas pada ruangan mungil. Warna berbeda memiliki kemampuan berbeda dalam memantulkan cahaya. Warna terang memantulkan lebih banyak cahaya sehingga ruangan yang didominasi oleh warna terang akan tampak lebih luas daripada ruangan dengan warna gelap.
    • Perpaduan warna yang senada juga perlu diperhatikan dalam menata rumah mungil. Terlalu banyak warna di ruang sempit akan membuat ruangan terasa ramai dan cenderung lebih sempit.
  • Menambah volume ruangan
    • Volume ruangan tidak hanya dihitung berdasarkan panjang dan lebar, tetapi juga tinggi ruangan. Jika lahan yang tersedia terbatas, maka ada baiknya menambah volume ruangan dengan meninggikan plafond sehingga ruangan nampak lebih luas.
    • Namun jika rumah yang ada sempit dan memiliki plafond rendah, ruangan dapat dibuat lebih luas dengan cara
      • Menggunakan wallpaper dengan corak vertikal atau menambahkan panel kayu kecil memanjang yang disusun vertikal sampai ke langit-langit. Garis-garis vertikal pada ruangan akan membuat ruangan seolah-olah lebih tinggi sehingga ruangan dapat terasa lebih luas.
      • Membuat plafond bertingkat. Pada tepi plafond dan area dimana terdapat lampu utama, plafond dibuat lebih rendah. Selanjutnya, lampu ditambahkan pada plafond yang terletak lebih tinggi sehingga dari bawah seperti terlihat cahaya tersembunyi di balik plafond, yang membuat plafond nambak lebih terang dan terkesan lebih tinggi dari ukuran aslinya.
  • Penggabungan beberapa ruangan
    • Ruang yang memiliki fungsi sejenis dapat digabungkan sehingga ruang yang sempit dapat terasa lebih lapang. Misalnya, penggabungan ruang tamu dan ruang keluarga, ruang makan dan dapur, ruang makan dan ruang keluarga, serta kamar mandi dan ruang cuci.
    • Sekat sebaiknya diberikan hanya jika benar-benar diperlukan sehingga ruangan tampak menyatu dan lebih luas. Jika ingin memakai sekat agar terdapat ruang lebih privasi di dalam rumah, ada baiknya memilih sekat yang ramping dan semi transparan.
  • Pemilihan furnitur  multifungsi
    • Banyak ide-ide kreatif furnitur multifungsi yang bisa diterapkan di rumah mungil sehingga ruangan dapat terasa lebih luas, antara lain
      • Sekat ruangan multifungsi. Sekat ruangan dua sisi dengan tampilan menarik baik di sisi depan maupun belakang yang juga dapat berfungsi sebagai rak tv merupakan jawaban kebutuhan akan sekat dan rak tv sekaligus. Kehadiran sekat ini tentunya dapat menghemat banyak tempat di dalam rumah.
      • Meja dengan tempat penyimpanan rahasia. Jika ingin menempatkan meja di ruang tamu atau ruang keluarga ada baiknya memilih meja yang bisa dibuka pada bagian atasnya dan memiliki tempat penyimpanan rahasia di dalamnya. Buku, majalah, dan berbagai macam barang bisa ditempatkan di dalamnya sehingga ruangan dapat terasa lebih lapang.
      • Meja dengan kursi rahasia di bawahnya. Saat ini banyak meja mungil yang jika ditarik,  pada bagian bawah terdapat kursi. Dengan adanya kursi tersembunyi ini tentunya ruang yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit karena kursi akan dikeluarkan hanya jika dibutuhkan.
      • Kitchen set yang digabung menjadi satu dengan meja bar untuk makan. Ini merupakan solusi cukup baik untuk rumah mungil yang tidak memiliki tempat yang cukup untuk meja makan.
  • Pemilihan dan penempatan furnitur mungil
    • Tiap furnitur dalam rumah sebaiknya dipilih yang berukuran mungil namun tetap dapat memenuhi kebutuhan. Agar ruangan terasa lapang, berbagai perabot harus disusun sedemikian rupa agar tidak berkesan penuh. Contohnya, penempatan sofa dan lemari. Ada baiknya di ruangan kecil, sofa dan lemari ditempatkan di sudut ruangan yang tidak mengganggu akses jalan sehingga ruangan nampak lebih luas.
  • Menambahkan "ruang lain"
    • "Ruang lain" bisa dihadirkan dengan berbagai cara di dalam rumah. Salah satunya dengan menempatkan cermin besar di sudut-sudut tertentu sehingga rumah mungil nampak lebih luas. Jika sulit menghadirkan cermin besar karena harganya biasanya jauh lebih mahal, bisa digunakan cermin kecil yang disusun berdampingan dan agar terlihat lebih manis dibuat tidak sejajar satu sama lain. Untuk dapur mungil, cermin bisa ditambahkan pada backdrop kitchen set. Di kamar tidur, lemari pakaian dengan cermin besar pada bagian pintu juga bisa menjadi pilihan.
    • Ruang lain juga bisa didapatkan dengan menambahkan panel glossy pada bagian tertentu dalam rumah. Panel ini ditambahkan jika pemilik rumah ingin menghadirkan sentuhan dengan warna lain di dalam rumah. Panel ini juga mampu memantulkan cahaya dengan warna berbeda, sehingga tampilan yang dihadirkan lebih menarik.
    • Pertemuan beberapa cermin dengan sudut berbeda juga bisa digunakan untuk menampilkan kesan lebih luas pada ruangan. Jika diletakkan berdekatan 90 derajat, maka akan ada tambahan 3 bayangan dalam cermin sehingga ruangan bisa terlihat empat kali lebih luas. Cermin yang diletakkan di dua sisi berlawanan bisa memberikan bayangan tak terhingga
    • Jendela besar, pintu kaca yang bisa dibuka lebar, juga merupakan salah satu cara untuk menghadirkan "ruang lain" dalam rumah. Hadirnya jendela besar mampu menghilangkan batas antara ruang dalam dan luar rumah sehingga ruang di dalam rumah terasa lebih luas.
  • Pemanfaatan ruang di bawah tangga dan ruang kosong lainnya dalam rumah
    • Ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti sebagai tempat kitchen set, rak buku, rak tv, kamar mandi dan masih banyak lagi. Ruang kosong antar ruangan pun bisa dipakai semaksimal mungkin untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk penempatan rak. Rak besar dibutuhkan di dalam rumah mungil yang memiliki banyak pernak pernik kecil. Beragam pernak-pernik tersebut tentunya akan lebih rapi dan akan lebih sedikit memakan tempat jika diletakkan di rak.
  • Memilah barang mana saja yang masih dibutuhkan
    • Kadangkala rasa sayang terhadap suatu barang membuat barang yang sebenarnya sudah tidak kita butuhkan kita biarkan tetap ada di dalam rumah. Misalnya saja ranjang bayi, kereta dorong bayi, perabot yang sudah "setengah" rusak dan berbagai barang lainnya. Memang jika mengingat kenangan dari tiap-tiap barang ada rasa sayang untuk menjual atau memberikannya pada orang lain. Namun jika barang tersebut berada di tangan orang yang lebih membutuhkan, tentu akan lebih baik dan kita akan mendapat space lebih di dalam rumah.
    • Baju, buku majalah dan sebagainya yang sudah tidak terpakai ada baiknya dijual atau disumbangkan. Meski nampaknya kecil dan sepele namun tumpukan baju, buku, dan sebagainya yang tidak lagi muat dimasukkan ke dalam lemari akan membuat rumah terasa lebih penuh.
Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan unttuk membuat rumah mungil terasa lebih luas. Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Namun kembali ke bentuk dan ukuran yang ada serta keinginan pemilik, tiap rumah punya cara tersendiri agar terlihat lebih luas.
logoblog

» Thanks for reading: Tips Membuat Rumah Mungil Terasa Lebih Luas

No comments:

Post a Comment