Wednesday, April 16, 2014

Renovasi Rumah Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 Lantai, 3 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)

Posted by on Wednesday, April 16, 2014

Renovasi Minimal dengan Hasil Maksimal di Lahan dengan Lebar 6 M


Renovasi tidak selalu harus dikaitkan dengan merombak banyak bagian rumah dan menghabiskan banyak biaya. Dalam renovasi berikut ini, RUMAH mungil KITA akan membahas contoh renovasi minimal dengan hasil maksimal untuk rumah dengan lebar 6 m. Cukup banyak ruang yang ingin ditambahkan di rumah ini. Namun, dengan lebar rumah yang hanya 6 m, sedikit sulit melakukannya tanpa mengubah banyak rumah asal. Berikut pembahasan lengkapnya.

Desain Rumah Awal


Rumah yang akan direnovasi ini adalah rumah tipe 48/93. Dengan luas bangunan 48 m2 di atas tanah berukuran 6 x 15,5 m, awalnya rumah ini terbilang sudah cukup besar. Rumah memiliki dua kamar tidur berukuran lumayan luas, yakni 4 x 3 m dan 3,6 x 3 m di sisi kiri rumah, sedangkan di sisi kanan rumah terdapat satu ruang utama berukuran cukup besar yakni 3 x 5,5 m dan kamar mandi berukuran 1,5 x 1,6 m di bagian belakang ruang utama. Di depan rumah tersisa tanah kosong yang cukup luas berukuran 6 x 5 m dan di bagian belakang rumah tersisa tanah kosong berukuran 6 x 3 m. Atap rumah berbentuk pelana yang dibagi dua menjadi sisi kanan dan kiri dengan buangan air ke bagian depan dan belakang rumah. Berikut denah rumah sebelum direnovasi.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - denah rumah awal

Kurang lebih berikut tampak depan rumahnya. Rumah terbagi menjadi dua, sisi kanan untuk ruang tamu dan sisi kiri untuk kamar tidur. Ruang tamu terletak sedikit lebih ke belakang daripada kamar tidur. Teras awal di cor beton.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak depan rumah awal

Ruangan yang Ingin Ditambahkan


Cukup banyak ruang yang ingin ditambahkan oleh pemilik rumah, yakni satu kamar tambahan di belakang, satu kamar mandi di depan untuk tamu, ruang tamu yang terpisah dari ruang lainnya, pintu samping, ruang keluarga, ruang makan yang menyatu dengan dapur, taman di depan dan belakang rumah, serta carport. Agar biaya renovasi tidak membengkak, inginnya renovasi sebisa mungkin dilakukan tanpa banyak merubah desain rumah yang sudah ada.

Bagian Rumah yang Direnovasi


Keinginan menambah pintu samping dan ruang tamu terpisah dengan lebar rumah yang hanya 6 meter membuat pengaturan rumah ini awalnya cukup sulit. Untuk mesiasatinya, ruang tamulah yang mengalah dan dibuat lebih maju dari rumah awal. Ruang berukuran 2 x 2,5 m "ditempelkan" di depan ruang yang sebelumnya ruang tamu. Area yang tersisa di sebelah kanannya selebar 1 meter bisa digunakan untuk menyisipkan pintu samping.

Untuk bisa menambahkan kamar mandi di bagian depan rumah tanpa banyak mengubah desain rumah awal, kamar tidur depan yang berukuran cukup besar, yakni 3 x 4 m "dipotong" untuk kamar mandi berukuran 1,25 x 2 m dengan pintu kamar mandi berada di dekat ruang tamu.

Untuk menambahkan kamar lainnya, sisa area kosong di sisi kanan belakang rumah dijadikan kamar tidur. Agar tetap terdapat taman dan area belakang rumah tetap memiliki pintu menuju ke taman belakang, kamar tidur di belakang dibuat sedikit menjorok ke dalam sepanjang 1 meter. Sisa rung yang ada, digunakan untuk menyisipkan pintu belakang. Kamar mandi yang sebelumnya ada di belakang sedikit "digeser" ke kanan, berada tepat di depan kamar tidur, dibuat berukuran 1,25 x 2 m.

Ruang yang sebelumnya ruang utama berukuran 5,35 m x 3 m dijadikan ruang keluarga sekaligus ruang makan yang menyatu dengan dapur. Sedangkan kamar tengah berukuran 3 x 3,6 m tetap seperti semula tanpa ada perubahan dan dijadikan kamar utama.

Agar renovasi tidak menelan banyak biaya, atap rumah yang telah ada sebelumnya tidak banyak mengalami perubahan. Ruang baru yang ada diberi atap cor beton.

Denah Rumah Hasil Renovasi


Berikut denah rumah setelah direnovasi. Terdapat tiga buah kamar tidur di rumah ini, masing-masing berukuran 3 x 4 ( dikurang 1,25 x 2 m), 3,6 x 3 m dan 3 x 2,9 (dikurang 1 x 1 m), dua buah kamar mandi masing-masing ebrukuran 1,25 x 2 m, ruang tamu berukuran 2 x 2,5 m, dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan dapur berukuran 5,335 x 3 m.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - Denah rumah 2 dimensi setelah direnovasi

Pintu utama rumah terletak di samping, dengan teras berukuran 1,5 x 3 m. Pintu samping terletak di sisi paling kanan rumah. Di depan rumah masih tersedia ruang yang cukup untuk teras berukuran 1,5 x 3 m, yang menyatu dengan carport berukuran 3,5 x 3 m. 

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - Denah rumah 3 dimensi setelah direnovasi

Taman terletak di depan dan belakang rumah. Untuk di bagian depan rumah, ukuran taman cukup luas yakni 3 x 3,5 m sedangkan di belakang rumah, ukuran taman beserta teras sekitar 3 x 2,9 m.


Tampak Luar Rumah Setelah Renovasi


Untuk fasad depan rumah, pemilik meminta dihadirkan paduan warna biru dan merah. Paduan warna yang terbilang cukup jarang digunakan, namun ternyata tetap menarik untuk dilihat.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak depan rumah

Warna merah yang tegas diberikan pada sisi kanan dan atas dinding depan rumah, sedangkan warna biru muda yang lembut ditambahkan pada dinding di dekat jendela. Warna lainnya didominasi dengan warna kuning muda yang lebih netral.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak depan rumah

Meskipun terbilang cukup kecil, hanya berukuran 3,5 x 3 m, carport mampu menampung mobil berukuran lebih panjang dengan adanya teras tanpa kolom di bagian belakang carport yang bisa disisipi bagian belakang mobil.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak samping kanan rumah

Pintu utama ditempatkan di samping rumah. Jendela kecil memanjang di sisi kiri merupakan jendela kamar tidur depan, dua jendela kecil di tengah merupakan jendela kamar mandi, sedangkan dua jendela memanjang di sisi kanan adalah jendela ruang tamu. Taman yang ada berukuran 3,5 x 3 m cukup untuk menanam rumput, sebuah pohon berukuran sedang dan beberapa tanaman bunga. Jejak dari batu ditambahkan sebagai pijakan menuju pintu samping.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak samping kiri rumah

Keberadaan tembok merah yang cukup lebar di bagian depan rumah cukup mampu menyembunyikan pintu samping. Pintu samping sengaja dibuat dengan kaca agar cahaya yang masuk ke ruang dalam bisa lebih maksimal.

Renovasi rumah tipe 48 tanah 93 lebar 6 m - tampak  belakang rumah

Pintu belakang rumah juga sengaca dibuat dengan paduan kaca untuk memaksimalkan cahaya masuk ke dalam rumah. Dua jendela memanjang menghadap ke taman belakang ditempatkan pada kamar tengah dan kamar belakang.

Demikian contoh renovasi minimal dengan hasil maksimal untuk rumah tipe 48 dengan lebar lahan 6 meter versi RUMAH mungil KITA. Semoga dapat memberi masukan dan menginspirasi Anda mewujudkan rumah mungil impian Anda. Contoh penataan lengkap hasil renovasi rumah ini dapat disimak pada Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (area publik) dan Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 48 Tanah 93 m2 (ruang tidur).
logoblog

» Thanks for reading: Renovasi Rumah Tipe 48 Tanah 93 m2 (1 Lantai, 3 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)

No comments:

Post a Comment