Friday, April 11, 2014

Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah Bagian II

Posted by on Friday, April 11, 2014

Cara Mudah Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Rumah Lengkap Bagian VII


Melanjutkan artikel sebelumnya, Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah Bagian I yang membahas dengan lengkap contoh perhitungan biaya pembangunan sebuah rumah tinggal yang berkaitan dengan struktur rumah, ada artikel berikut, RUMAH mungil KITA akan membahas contoh perhitungan biaya pembangunan sebuah rumah tinggal yang berkaitan dengan tahap seanjutnya, yakni pemasangan kusen, pintu dan jendela, plafond dan atap, pemasangan keramik dan batu alam,  serta pengerjaan instalasi air dan listrik. Agar penjelasan yang diberikan disini dapat lebih mudah dimengerti, silahkan download file Menghitung RAB Lengkap dan Menghitung RAB Lengkap - rumah tipe 30.

Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, rumah yang akan kita bahas biaya pembangunannya adalah rumah yang sebelumnya telah dimuat dalam artikel Desain Rumah Tipe 30 Tanah 72 m2. Rumah tersebut berdiri di atas tanah berukuran 6 x 12 m2 dengan luas bangunan 30 m2, sedang luas lantai yang diberi keramik adalah 48 (bangunan dalam rumah ditambah teras depan, teras belakang dan carport). Rumah terdiri dari satu ruang utama, satu dapur satu, dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Berikut denahnya.

menghitung biaya pembangunan rumah tipe 30

Untuk pintu dan jendela rumah ini digunakan kusen aluminium agar lebih tahan lama. Namun, untuk mnghemat biaya, digunakan dobel triplek dan panel kayu untuk daun pintu. Atap yang digunakan adalah atap model pelana sederhana dengan buangan atap ke depan dan ke belakang. Baja ringan digunakan sebagai rangka atap dengan penutup genteng beton berglazur di cat. Untuk lantai, digunakan keramik berukuran 30 x 30 cm untuk carport, teras depan dan teras belakang, keramik berukuran 40 x 40 cm untuk ruang dalam rumah dan keramik berukuran 20 x 20 cm untuk kamar mandi. Agar tampilan rumah lebih menarik ditambahkan batu alam pada beberapa bagian depan rumah. Berikut contoh perhitungan biaya pembangunan lengkapnya.

Pintu dan Jendela


Melanjutkan pengisian bagian III - Input Data Rumah, file Menghitung RAB Lengkap, bagian berikutnya yang diisi adalah pintu dan jendela. Berdasarkan denah rumah di atas, diketahui terdapat lima buah pintu di rumah ini yang terdiri dari satu buah pintu utama berukuran 0,9 x 2 m terbuat dari panel kayu dengan kusen aluminium, tiga buah pintu dalam rumah yang berukuran 0,8 x 2 m terbuat dari dobel tripleks dengan kusen aluminium dan satu buah pintu kamar mandi berukuran 0,7 x 1,9 m dengan bahan PVC. Berikut contoh pengisiannya. Untuk kolom kiri, masukkan nama pintu di keterangan, pilih jenis pintu yakni kayu. Untuk pintu utama dengan panel kayu, masukkan pada baris pertama. Beri angka 1 sesuai jenis pintu yang akan digunakan. Kemudian masukkan lebar, tinggi dan ketebalan pintu pada kolom yang sesuai. Masukkan juga ada berapa banyak pintu dengan bahan dan ukuran serupa. Kemudian untuk kolom kanan, pilih jenis kusen, masukkan angka seusai banyaknya kusen dengan jenis tersebut. Misalkan digunakan kusen aluminium untuk kesemua pintu kecuali pintu kamar mandi, angka 1 dan 3 dimasukkan di bawah kolom kusen aluminium.

Mengisi tabel pintu dan jendela - menghitung RAB rumah


Berikutnya menghitung jendela. Terdapat satu jendela di ruang tamu dengan ukuran 0,5 x 1,4 m2, empat jendela kamar tidur dengan ukuran 0,5 x 1,6 m2 dan satu jendela dapur dengan ukuran 1,5 x 0,5 m2. Baik daun jendela maupun kusen jendela menggunakan bagan aluminium dengan kaca setebal 5 mm. Untuk pengisiannya pada tabel, sama dengan cara pengisian pintu, pada bagian kiri, tinggal memasukkan nama jendela pada keterangan, kemudian memasukkan angka 1 pada jenis jendela dan memasukkan lebar, tinggi dan tebal jendea pada kolom yang sesuai. Pada bagian kanan, untuk kusen, dimasukkan berapa banyak jendela dengan bahan kusen yang sesuai.



Setelah mengisi tabel tersebut, panjang dan volume untuk masing-masing jenis kusen, pintu dan jendela secara otomatis terhitung. Biaya untuk pembuatannya pada bagian Rincian RAB dan Rekap RAB juga secara otomatis terhitung. Dari uraian di atas didapatkan biaya pembuatan kusen, pintu dan jendela rumah ini adalah sekitar Rp. 9.439.000,-

Keramik Lantai dan Dinding


Bagian rumah yang dihitung selanjutnya adalah keramik, baik keramik lantai maupun keramik dinding. Untuk keramik lantai, sudah disiapkan beberapa baris untuk keramik ukuran 20 x 20 cm, 30 x 30 cm, 40 x 40 cm dan 60 x 60 cm. Untuk keramik dinding, sudah disiapkan beberapa baris untuk keramik ukuran 5 x 20 cm (lis kamar mandi), 10 x 20 cm, 20 x 20 cm, dan 25 x 20 cm. Pada bagian bawah juga disediakan baris untuk batu alam.

Di rumah ini, bagian carport diberi keramik ukuran 30 x 30 cm dengan ketinggian lantai 5 cm, teras depan dan belakang diberi keramik ukuran 30 x 30 cm dengan ketinggian lantai 10 cm, bagian dalam rumah diberi keramik ukuran 40 x 40 cm dengan ketinggian lantai 15 cm dan kamar mandi diberi keramik ukuran 20 x 20 cm dengan ketinggian lantai 12 cm. Ukuran masing-masing ruangan yang diberi keramik dimasukkan dalam baris yang tersedia sesuai dengan ukuran keramiknya seperti pada tabel berikut.


Untuk kamar mandi, diberikan keramik dinding ukuran 25 x 20 cm dengan lis keramik ukuran 5 x 20 cm. Bagian depan rumah diberi hiasan batu alam. Panjang dan lebar dinding yang diberi keramik dimasukkan pada baris yang sesuai.


Setelah memasukkan data panjang dan lebar ruangan yang diberi keramik, banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan keramik secara otomatis terhitung pada bagian rincian RAB V. Pekerjaan Dinding, lantai dan plafond.


Plafond


Selanjutnya, dihitung biaya pemasangan plafond. Caranya, dengan memasukkan nama ruangan serta panjang dan lebar ruangan yang akan diberi plafond pada tabel selanjutnya seperti berikut ini.


Biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan plafond otomatis terhitung di rincian RAB bagian VI Pekerjaan Atap, Kusen, Pintu dan Jendela.


Atap


Bagian yang dihitung selanjutnya adalah atap. Rumah ini menggunakan atap model pelana, dengan kemiringan 30 derajat. Atap dibagi menjadi dua, yakni sisi kanan dan kiri. Untuk sisi kanan, panjang dan lebar ruangan yang akan diberi atap adalah 3 m dan 4,75 m sedang untuk sisi kiri, panjang dan lebar ruangan yang akan diberi atap adalah 3 m dan 5,25 m. Banyaknya genteng yang dibutuhkan dapat dilihat pada tabel berikut.


Dengan kemiringan genteng 30 derajat, maka untuk ruang sepanjang 4,75 m panjang genteng menjadi 5,48 m dan untuk ruang sepanjang 5,25 m, panjang genteng menjadi 6,06 m. Lisplang diberikan di sisi depan dan belakang genteng. Perhitungan panjang lisplang adalah lebar genteng dikali dua. Genteng menggunakan rangka atap baja ringan ditutup dengan genteng beton berglazur. Setelah dikalikan dengan biaya pemasangan per meter persegi, biaya total pemasangan genteng dapat dilihat pada tabel berikut, poin 11 dan 12.


Pelat Beton


Bagian teras dan "topi" jendela rumah ini menggunakan pelat beton. Untuk teras, tebal pelat beton adalah 10 cm dan untuk "topi" jendela, tebal pelat beton adalah 5 cm. Berikut rinciannya.


Instalasi Air dan Saniter


Berikutnya, yang dihitung adalah instalasi air dan saniter. Di rumah ini akan dibangun septiktank dengan ukuran 2 x 2 x 2 m3, dengan satu kamar mandi. Di dalam kamar mandi tersbut rencananya akan dipasang satu klose duduk dan satu keran dengan shower, tanpa bak mandi. Di bagian depan dan belakang rumah ditambahkan keran biaya untuk menyiram tanaman. Total panjang pipa yang dibutuhkan sekitar 10 m. Berikut contoh pengisian tabelnya.


Biaya untuk pemasangan instalasi air dan saniter otomatis terhitunga pada rincian RAB bagian IX Pekerjaan Instalasi Air seperti pada tabel berikut


Instalasi Listrik


Bagian terakhir adalah menghitung biaya instalasi listrik. Di rumah ini rencananya akan dipasang delapan buah titik lampu dengan empat titik stop kontak. Pengisian tabelnya sebagai berikut. 


Biaya pemasangan instalasi listrik otomatis terhitung pada bagian X Pekerjaan Instalasi Listrik seperti berikut.


Total Biaya


Setelah memasukkan semua data desain rumah pada bagian Input data rumah file Menghitung RAB Lengkap maka total biaya pembangunan rumah otomatis terhitung pada bagian Rincian RAB dan Rekap RAB. Untuk rumah in total biaya yang dibutuhkan adalah sekitar sembilan puluh dua juta smbilan ratus ribu rupiah, seperti dapat dilihat pada tabel berikut ini.


Mungkin bagi Anda yang terbiasa menghitung biaya rumah per m2 rumah akan merasa rumah ini terasa sangat mahal karena jika dihitung dengan luas bangunan rumah yang hanya 30 m2 biaya pembangunan rumah menjadi lebih dari tiga juta rupiah per meter persegi. Namun, sekali lagi, rumah ini adalah rumah yang dibangun di tanah yang benar-benar kosong, bahkan tanpa dinding pembatas. Pembangunan dilakukan tidak sekedar hanya di bangunan dalam yang luasnya hanya 30 m2 tapi juga dengan membangun dinding sekeliling. Total bagian rumah yang diberi lantai adalah 48 m2 yakni ruang dalam, teras dan carport. Di samping itu, rumah dibangun dengan struktur cukup kuat dengan spesi beton yang sesuai. Finishing akhir rumah juga dipilih sebaik mungkin dengan digunakannya kusen aluminium, rangka atap baja ringan, kloset duduk, cat dengan watershield dan penambahan batu alam pada beberapa bagian rumah. Jadi wajar kan, kalau cukup banyak menelan biaya.

Perhitungan rumah ini hanyalah sebuah contoh dan hanya biaya perkiraan yang dibuat sebelum pembangunan. Biaya pembangunan asli bisa saja berbeda, lebih murah ataupun lebih mahal tergantung harga satuan bahan dan upah yang ada yang tentunya berbeda untuk setiap daerah. Biaya ini juga belum termasuk biaya lainnya seperti biaya pengurusan surat, IMB, pajak, bphtb dan biaya lainnya berkaitan dengan pembangunan rumah. Jangan lupa menyiapkan sekitar 10% lebih banyak untuk biaya pembangunan tak terduga seperti misalnya biaya tambahan tukang karena molornya waktu pekerjaan dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan atau biaya tambahan untuk batu bata atau keramik atau genteng dikarenakan beberapa ada yang rusak, atau biaya tak terduga lainnya dalam pembangunan rumah.

Demikian contoh perhitungan biaya pembangunan rumah berdasarkan desain rumah versi RUMAH mungil KITA. Perlu diingat, biaya disini hanya biaya perkiraan yang kami harap dapat membantu Anda memperkirakan sendiri berapa biaya pembangunan rumah Anda dan menyiapkan dana yang cukup untuk membangun rumah Anda. Biaya riil pembangunan dapat Anda konsultasikan pada pemborong atau kontraktor rumah Anda. Semoga sedikit ulasan ini dapat membantu Anda membangun dan memiliki sendiri rumah mungil impian Anda.
logoblog

» Thanks for reading: Cara Mudah Menghitung Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah Berdasarkan Desain Rumah Bagian II

No comments:

Post a Comment