Penataan Rumah Tipe 30 Tanah 72 m2 (1 lantai, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi)-minimalis properti desain

Penataan Rumah Tipe 30 Tanah 72 m2 (1 lantai, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi)

Mengoptimalkan Ruang yang Ada dengan Penataan Ruang Multifungsi


Sebelumnya, RUMAH mungil KITA telah membahas dengan lengkap mengenai desain sebuah rumah mungil dengan konsep minimalis dalam Desain Rumah Tipe 30 Tanah 72 m2. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, rumah ini hanya terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi dan sebuah ruang utama. Dengan penataan yang cermat, ruang utama mampu berfungsi ganda sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Memanfaatkan satu ruang untuk banyak fungsi dengan penataan berbeda dilakukan agar dengan ukuran terbatas rumah ini dapat berfungsi seoptimal mungkin. Meskipun laha terbilang sangat mungil, taman di depan dan di belakang rumah sengaja tidak dibangun dan dibiarkan tetap menjadi ruang terbuka agar sirkulasi dan pencahayaan di dalam rumah tetap berjalan dengan baik. Berikut ulasan lengkap penataan rumahnya.

Denah Rumah


Rumah ini dibagi dua sisi, kanan dan kiri dengan panjang masing-masing 3 meter. Sisi kanan rumah diisi dengan dua kamar tidur berukuran 2,25x3 m untuk kamar anak dan 2,5x3 m untuk kamar utama. Sisi kiri rumah terdiri dari satu ruang utama berukuran 3,75x3m, satu kamar mandi berukuran 1,25x1,5m dan dapur berukuran 1,25x1,75 m.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - denah rumah

Masih terdapat sisa lahan yang cukup besar di depan dan di belakang rumah. Di depan rumah, lahan berukuran 4,25x3 m di sisi kanan rumah digunakan untuk carport sedang lahan berukuran 5,25x3 m di sisi kiri rumah digunakan untuk taman dan teras. Di belakang rumah masih terdapat sisa tanah 1,5x3 m untuk teras dan 1,5x6 m untuk taman belakang.

Ruang Tamu


Saat masuk melalui pintu utama, seluruh bagian rumah akan langsung terlihat, ruang tamu, partisi, ruang makan dan dapur. Meski terkesan loss, pembagian ruang terlihat dengan jelas.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - ruang tamu


Ruang utama berukuran 3,75x3 m dibagi menjadi dua ruangan dengan partisi dua sisi. Untuk ruang tamu hanya diberi ruang berukuran 1,4x3 m sesuai dengan lebar sofa dengan dua dudukan. Meja kecil berukuran 50x50x50 cm ditempatkan di tengah-tengah ruangan. Di bawahnya diselipkan karpet. Untuk mempermanis tampilan ruangan, lukisan abstrak berwarna senada dan dua bantal mungil ditempatkan di atas sofa.

Partisi


Hal yang cukup menarik dari penataan ruang rumah ini adalah dihadirkannya partisi dua sisi multifungsi di tengah-tengah ruangan. Dengan ukuran total 0,5x1,9x1,8 m, partisi ini dibagi menjadi tiga bagian dengan fungsi berbeda. Sisi paling kanan berukuran 0,25x0,5x1,8 m berfungsi sebagai rak pajangan dengan empat tempat penyimpanan. Dibuat tanpa tutup, dapat diakses dari kedua sisi. Empat vas bunga disusun dengan rapi disini. Lampu ditanamkan dibagian atasnya untuk mempercantik tampilan pajangan.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - partisi dengan sofa dua sisi

Sisi paling kiri berukuran 0,55x0,5x1,8 m berfungsi sebagai rak piring dan pengganti meja dapur. Rak ditutup dengan kaca dan hanya bisa diakses dari sisi belakang partisi. Gelas, dan piring makan disusun dengan rapi di rak ini. Bagian bawah rak yang ditutup dengan pintu kayu digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan makan yang jarang digunakan.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - partisi dengan sofa dua sisi

Pada bagian tengah partisi berukuran 1,1x0,5x1,6 m, ditempatkan sofa dua sisi. Sofa ini berfungsi sebagai tambahan kursi saat menerima tamu. Di samping itu, sofa ini juga bisa digunakan untuk menonton televisi di ruang keluarga dan sebagai tambahan kursi untuk makan. Di bagian bawah sofa terdapat rak untuk menyimpan buku. Pada bagian atas sofa ditambahkan sebaris papan untuk pajangan.

Ruang Makan


Dikurangi ruang tamu dan partisi, praktis ruang yang tersisa untuk ruang makan hanya tinggal sedikit, sekitar 1,7x3 m. Di ruang semungil ini, ditempatkan meja makan mungil berukuran 1,1x0,55x0,7 m "menempel" pada dinding dan partisi. Agar nampak lebih luas, cermin ditempatkan di atas meja makan. Dua kursi makan mungil berbentuk bundar dengan diameter 40 cm ditempatkan di depannya.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - ruang makan untuk sarapan

Di samping meja makan masih tersedia ruang yang cukup untuk ditempatkan lemari es satu pintu. Di atas lemari es, ditambahkan panel kayu untuk meletakkan oven.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - ruang makan untuk makan malam

Yang cukup unik dari pengaturan ruang makan ini adalah di malam hari, saat seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan malam bersama, meja makan dapat sedikit digeser di dekat sofa. Dengan cara ini, akan terdapat kursi yang cukup untuk makan bersama.

Ruang Keluarga


Sore hari saat sedang ingin bersantai sambil menonton televisi atau sekedar beristirahat sambil membaca buku, kursi makan bisa dimasukkan di bawah meja, karpet mungil berukuran 1 x 1,4 m bisa dibentangkan di depan sofa dan beberapa bantal di ruang tamu dibawa ke ruang tengah. Dengan cara ini didapatkan ruang yang cukup nyaman untuk bersantai.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - ruang keluarga menyatu dengan ruang makan

Tidak ada ruang kosong di dalam rumah ini. Sedikit tembok kosong antara pintu kamar tidur utama dan pintu menuju teras belakang yang terletak persis dihadapan ruang keluarga dijadikan tempat meletakkan televisi.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - backdrop tv

Backdrop televisi dibuat sesimpel mungkin dengan warna senada dengan ruang lainnya. Sebaris rak mungil untuk tempat menyimpan decoder ataupun media elektronik lainnya ditempatkan di bawah televisi. Televisi LED 32 inchi ditempatkan berdekatan dengan mungil namun tetap tergantung pada backdrop. Beberapa rak tambahan ditempatkan di samping dan di atas televisi untuk mempercantik tampilan backdrop.

Dapur


Dapur hanya berukuran 1,5x1,75 m. Setelah dipotong dengan dinding, praktis ruang yang tersis untuk ditempatkan kitchen set hanya sepanjang 1,6 m. Motif kayu dipilih sebagai warna utama kitchen set agar serasi dengan seluruh perabot lain dalam rumah. Granit berwarna coklat muda dipilih sebagai sebagai top table kitchen set.

Pada kitchen set bawah ditempatkan kitchen sink satu lubang dan kompor tanam. Bagian bawah kitchen sink dijadikan tempat menyimpan berbagai perlengkapan untuk membersihkan rumah dan tempat sampah. Pada bagian bawah kompor tanam ditambahkan "laci" yang sebenarnya merupakan "meja dapur" tambahan. Saat laci ini ditarik akan keluar sebaris "meja" untuk tempat memotong-motong dan mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasak. Sedang kitchen set atas digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan memasak.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - dapur

Hal menarik lain dari kitchen set ini adalah jendela menjadi pengganti backdrop kitchen set. Jendela dibuat dengan ukuran yang pas dan ditempatkan di antara kitchen set atas dan bawah. Jendela juga bisa dibuka dan langsung menghadap ke taman.. Dengan cara ini, dapur terasa lebih segar dan kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Di sisi kiri dan kanan kitchen set terdapat pintu yang menghubungkan area dapur dengan kamar mandi di sebelah kiri dan teras belakang di sebelah kanan.

Kamar Tidur Utama


Kamar tidur utama hanya berukuran 2,5x3m. Ukurannya yang mungil bukan alasan untuk membuatnya tetap tampil menarik dan nyaman untuk ditempati. Tidak banyak yang dimasukkan ke dalam ruang tidur ini agar ruang mungil tidak terasa penuh. Satu tempat tidur berukuran 1,6x2 m ditempatkan di sudut ruangan.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - kamar tidur utama

 Di sudut lain ditempatkan lemari besar berukuran 1,4x0,5mx2,8m. Agar ruang terasa lebih lega, keberadaan lemari besar ini sedikit disamarkan dengan ditambahkannya cermin pada semua bagian pintu lemari. Lemari dibagi menjadi tiga bagian, dua bagian untuk pakian sedang lemari di bagian sudut digunakan untuk pajangan. Lampu ditanamkan di bagian atas rak pajangan untuk membuat pajangan tampil lebih menarik. Nakas dibuat menyatu dengan rak pajangan ini.

Kamar Tidur Anak


Kamar tidur yang hanya berukuran 2,25x3m ini harus dapat memenuhi fungsinya sebagai tempat tidur untuk dua orang anak, tempat belajar sekaligus bermain. Karenanya, bunk bed combo dipilih mengisi kamar tidur ini.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - bunk bed combo

Dua tempat tidur disusun vertikal dengan posisi saling tegak lurus. Meja belajar dan rak buku ditempatkan di samping tempat tidur. Tangga menuju tempat tidur atas dibuat sedikit tersamar di dekat rak buku. Lemari pakaian ditempatkan di sudut lain ruangan.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - bunk bed combo

Agar ruang terlihat sedikit lebih luas, cermin ditambahkan di atas meja belajar. Dan agar tampil lebih menarik, sisi kosong di atas tempat tidur bawah ditambahkan lukisan anak.

Taman


Meskipun lahan yang ada terbilang sangat minim, masih disisakan lahan yang cukup untuk taman di depan dan di belakang rumah. Di depan rumah, pohon palm, beberapa tanaman dengan banyak daun dan bunga di hampir semua bagian taman, membuat ruamah terlihat lebih asri dan lebih manis dari luar.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - taman depan rumah

Sedang di belakang rumah, sisa tanah yang ada dibuatkan ayunan. Kursi taman juga ditempatkan di teras rumah. Dengan banyaknya tempat untuk duduk dan bersantai di taman, area ini nantinya diharapkan menjadi tempat keluarga berkumpul untuk sekedar duduk bercengkerama atau "piknik" tanpa harus keluar rumah.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - ayunan

Di sisi lain taman belakang, ditanam berbagai tanaman mungil dan banyak bunga. Lampu taman ditempatkan sepanjang sisi belakang taman sehingga keindahan taman dapat dinikmati baik di siang maupun malam hari.

Penataan rumah dengan konsep satu ruang banyak fungsi - taman belakang rumah

Demikian penataan ruamah tipe 30 tanah 72 m2 versi RUMAH mungil KITA. Dengan penataan yang tepat, penggunaan perabot multifungsi dengan ukuran sesuai dan menjadikan satu ruang sebagai ruang dengan banyak fungsi, rumah dengan luas bangunan hanya 30 m2 pun dapat memenuhi kriteria sebuah rumah ideal yang nyaman ditempati.

Ingin memiliki rumah mungil, namun masih bingung kira-kira berapa ya biayanya? Pada artikel berikutnya, RUMAH mungil KITA akan membahas dengan lengkap mengenai cara menghitung biaya pembangunan sebuah rumah tingga menurut SNI. Perhitungan akan dibahas dengan lengkap disertai file excel yang dapat didownload. Rumah ini akan menjadi contoh rumah yang akan dihitung berapa biaya pembangunannya. Di tunggu ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penataan Rumah Tipe 30 Tanah 72 m2 (1 lantai, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi)

0 comments:

Posting Komentar