Sunday, March 9, 2014

Maksimalkan Fungsi Ruang Tidur Anak Mungil dengan Bunk Bed Combo

Posted by on Sunday, March 9, 2014

Beberapa Contoh Penataan Ruang Tidur Anak Mungil dengan Tempat Tidur Tingkat Multifungsi


Rumah mungil identik dengan ruang yang serba mungil. Seperti halnya ruang lain di dalam sebuah rumah mungil, ruang tidur biasanya juga hadir dalam ukuran terbatas, utamanya ruang tidur anak. Seringkali ruang tidur untuk anak hanya berukuran 2x3 atau 2,5x2,5 atau 3x3 m2. Padahal, dengan terbatasnya ukuran rumah, kebanyakan aktivitas anak berpusat di kamar tidurnya. Tidak hanya untuk tidur, ruang tidur anak di rumah mungil juga digunakan anak untuk belajar, bermain dan berkreasi. Terkadang, sempitnya lahan juga mengharuskan dua atau tiga orang anak berbagi dalam satu ruang tidur mungil. Tentunya semakin banyak anak yang menempati sebuah kamar, semakin banyak pula kebutuhan yang perlu disiapkan.

Umumnya sebuah ruang tidur anak yang ideal berisikan tempat tidur, lemari pakaian, rak buku, meja belajar dan laci tempat menyimpan mainan dan berbagai pernik. Perlu penataan cermat agar satu ruang dengan ukuran terbatas mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut. Terkadang saat kita sedang menata sebuah ruang tidur anak mungil. rasanya hampir tidak mungkin memasukkan semua yang dibutuhkan anak ke dalam ruang tidurnya.

Bunk bed atau yang lebih dikenal dengan tempat tidur bertingkat adalah solusi jitu mengatasi berbagai permasalahan ruang dalam menata kamar tidur anak. Dengan menyusun berbagai perabot secara vertikal, akan terdapat ruang lebih untuk berbagai kebutuhan lain. Sama halnya dengan berbagai perabot rumah lain yang terus mengalami perkembangan, bunk bed kini juga hadir dalam berbagai bentuk, fungsi dan ukuran. Lebih dikenal dengan istilah bunk bed combo atau tempat tidur tingkat multifungsi, bunk bed tidak lagi hanya berupa dua tempat tidur yang disusun secara vertikal dan diberi tangga. Bunk bed kini hadir dalam bentuk tempat tidur yang menyatu dengan meja belajar, rak buku, laci, lemari pakaian bahkan sofa. Dengan adanya bunk bed combo, luas ruangan bukan lagi masalah untuk memaksimalkan fungsi ruang tidur anak. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan membuat bunk bed bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memaksimalkan fungsi ruang tidur mungil anak Anda.

Tertarik untuk menata ruang tidur anak Anda dengan bunk bed combo atau tempat tidur tingkat multifungsi? Berikut ini kami sajikan kembali beberapa contoh desain bunk bed combo di ruang tidur dengan ukuran terbatas yang sebelumnya pernah hadir di RUMAH mungil KITA.

Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2 x 3 m2


bunk bed combo with wardrobe and bookcase

Ruang berukuran 2x3m sebenarnya terlalu sempit untuk dijadikan sebuah ruang tidur. Apalagi jika nantinya ditempati oleh dua orang anak. Namun, dengan penataan tepat, ruang semungil ini bisa memenuhi semua hal yang dibutuhkan pada sebuah ruang tidur anak. Tempat tidur tingkat multifungsi yang didominasi warna merah muda ini merupakan penggabungan dari dua tempat tidur yang disusun secara vertikal, laci, rak buku dan lemari pakaian. Laci ditempatkan di bawah tempat tidur dan di bawah tangga. Rak buku ditempatkan di sisi kiri tangga sedang lemari pakaian ditempatkan di sebelah rak buku.

bunk bed desk combo with wardrobe and bookcase

Ruang berukuran 2x3 m ini rencananya akan dijadikan ruang tidur sekaligus ruang belajar untuk anak. Agar didapatkan ruang cukup luas untuk belajar, tempat tidur ditempatkan di atas. Di bawah tempat tidur, dibuatkan meja belajar dengan bentuk L. Jendela terletak di sudut meja belajar. Lemari pakaian dan rak buku ditempatkan di samping meja belajar. Tangga menuju tempat tidur terletak di samping lemari pakaian.


Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2,25x2,75 m2


small bunk bed with desk and wardrobe

Ruang ini berukuran sangat mungil, namun akan ditempati oleh dua anak, karenanya dipilih tempat tidur tingkat. Di samping tempat tidur, ditempatkan lemari pakaian, meja belajar dan rak untuk buku dalam satu susunan kompak.


Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2,25x3,5 m2


bunk bed desk combo

Ruang tidur dengan ukuran memanjang ini rencananya akan ditempati dua orang anak. Tempat tidur disusun vertikal dengan posisi tegak lurus. Meja belajar ditempatkan di samping tempat tidur. Tangga menuju tempat tidur atas berfungsi ganda sebagai laci. DI samping tangga ditempatkan lemari pakaian dan rak buku.

Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2,5x2,5 m2


bunk bed couch combo with wardrobe and bookcase

Bunk bed ini ditujukan untuk remaja putri penyuka warna pink dan ungu. Di kamar ini, sang anak ingin ditempatkan sofa yang cukup nyaman untuk tempat duduk-duduk sambil membaca. Dengan tempat tidur tingkat ini tempat tidur, sofa, rak buku dan lemari pakaian tidak sampai menghabiskan setengah ruang kamar. setengah ruang lainnya cukup lapang untuk ditempatkan meja belajar.


Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2,5x3 m2


bunk bed wardrobe desk combo

Tempat tidur tingkat multifungsi ini berukuran 1x2,35x2m dan merupakan gabungan dari tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian dan laci di bawah tangga. Sedikit sisa ruang di sisi lain kamar dijadikan ruang baca dengan ditambahkan rak buku, karpet dan dua sofa kecil. Penambahan cermin di samping tempat tidur memberi kesan seakan ada ruang lain di balik "pintu cermin" tersebut.

bunk bed desk combo blue

Ruang tidur berukuran 2,5x3m ini berisikan tempat tidur tingkat berisikan dua tempat tidur, satu meja belajar, dua lemari pakaian dan dua rak buku. Laci ditambahkan pada tangga dan pada bagian bawah tempat tidur. Tempat tidur bawah diapit oleh dua rak buku dan dua lemari pakaian di masing-masing sisinya.


Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 2,75x3 m2


lemari besar di atas tempat tidur

Meskipun terbilang cukup mungil, ruang tidur ini disesaki banyak pakaian, mainan, dan buku milik sang anak. Agar kamar senantiasa nampak rapi, berbagai mainan, buku dan pakaian yang jarang dipakai ditempatkan di lemari atas. Tempat tidur ditempatkan di bawah lemari. Di sisi lain kamar ditempatkan meja belajar berbentuk L dan rak buku. Dengan cara ini, merskipun kamar terbilang cukup mungil, semua kebutuhan anak dapat terpenuhi.

bunk bed pink

Tempat tidur tingkat dipilih mengisi kamar tidur dengan dominasi warna merah muda ini. Dengan cara ini, sisi lain kamar, masih cukup luas untuk ditempatkan lemari pakaian dan laci.

Bunk Bed Untuk Ruang Tidur Berukuran 3x3 m2


bunk bed desk combo

Kamar berukuran 3x3 m2 ditata sedemikian rupa sehingga cukup nyaman ditempati dua orang anak. Tempat tidur tingkat multifungsi ditempatkan di satu sisi kamar. Tempat tidur ini berisikan dua tempat tidur, meja belajar, rak buku dan laci. Di sisi lain kamar masih tersisa ruang yang cukup untuk menempatkan lemari pakaian anak.

Demikian pembahasan mengenai bunk bed combo atau tempat tidur tingkat multifungsi dan beberapa contoh penempatannya di ruang tidur mungil yang sebelumnya pernah dibahas di RUMAH mungil KITA. Semoga dapat membantu Anda memaksimalkan fungsi ruang tidur mungil anak Anda.
logoblog

» Thanks for reading: Maksimalkan Fungsi Ruang Tidur Anak Mungil dengan Bunk Bed Combo

No comments:

Post a Comment