Desain Rumah Tipe 30 Tanah 72 (1 Lantai, 2 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi)-minimalis properti desain

Desain Rumah Tipe 30 Tanah 72 (1 Lantai, 2 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi)

Mengoptimalkan Ruang yang Ada dengan Penataan Ruang Multifungsi


Mengatasi semakin sedikitnya lahan, terutama di kota-kota besar, rumah mungil dengan lahan terbatas semakin banyak diminati. Hadir dengan konsep minimalis yang manis dengan tetap mengedepankan mutu dalam hal spesifikasi bangunan, rumah mungil kini tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai rumah sangat sederhana. Terlebih dengan penataan ruang yang tepat, rumah mungil kini lebih dianggap sebagai penjelmaan "ruang apartemen" yang ditata dalam sebuah "landed house".

Memiliki hunian milik sendiri adalah impian setiap orang, terutama bagi yang baru berkeluarga. Rumah mungil, bisa jadi pilihan untuk Anda yang mengidamkan rumah namun memiliki dana terbatas. Rumah tipe 21, 25, 27, 30, 36 dan 40 contohnya. Meskipun terbilang sangat mungil, dengan penataan yang tepat, rumah dapat tetap terasa nyaman ditempati.


Sebelumnya, RUMAH mungil KITA telah membahas mengenai rumah mungil tipe 25, 36, dan 40. Kali ini RUMAH mungil KITA akan coba membahas rumah mungil lainnya, dengan luas bangunan 30 m2 di atas tanah 72 m2, atau yang lebih umum dikenal sebagai rumah tipe 30/72. Rumah ini berisikan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu ruang utama. Dengan penataan yang cermat, fungsi ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur dapat dimuat dalam satu ruang utama. Memanfaatkan satu ruang untuk banyak fungsi dengan penataan berbeda adalah kuncinya. Berikut ulasannya. 

Denah Rumah

Rumah dengan luas bangunan 30 m2 ini berdiri di atas lahan berukuran 6x12 m2. Rumah dibagi menjadi dua, sisi kanan dan kiri masing-masing dengan lebar 3 meter. Sisi kanan rumah diisi dengan dua kamar tidur mungil, masing-masing berukuran 2,25x3 m dan 2,5x3 m. Sedang sisi kiri rumah diisi dengan satu ruang utama memanjang dengan ukuran 3x3,75 m, dapur berukuran 1,75x1,5 m dan kamar mandi beukuran 1,25x1,5 m.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - denah 2 dimensi

Ruang utama memiliki banyak fungsi yakni ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan sekaligus. Agar dapat memenuhi smeua fungsi tersebut, antara ruang tamu dan ruang makan ditambahkan partisi dua sisi yang juga berfungsi sebagai sofa dua sisi yang bisa digunakan sebagai tambahan kursi untuk menjamu tamu dan kursi untuk makan sekaligus. Kamar tidur anak, meskipun mungil akan ditempati oleh dua anak. Karenanya, dipilih tempat tidur tingkat multifungsi atau bunk bed combo agar semua kebutuhan anak dapat dipenuhi.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - denah 2 dimensi warna

Di depan rumah tersedia lahan berukuran 4,25x3 m untuk carport dan lahan berukuran 5,25x3 m untuk taman dan teras. Sedangkan di belakang rumah masih tersedia lahan berukuran 1,5x6 m untuk taman. Ayunan mungil dan kursi teras disisipkan di taman belakang sebagai tempat yang nyaman untuk keluarga berkumpul di sore hari.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - denah 3 dimensi

Setiap ruang di rumah ini memiliki jendela yang menghubungkannya dengan taman sehingga sirkulasi dan pencahayaan alami dapat terasa di tiap bagian rumah. Rumah terasa lebih nyaman untuk ditempati. Pintu belakang rumah terdapat di samping dapur, mengarah ke teras belakang.

Tampak Luar Rumah

Rumah mengusung konsep minimalis simpel. Dengan paduan warna putih, hitam dan merah rumah nampak begitu menarik dari luar. Sisi kanan dan kiri rumah dibagi sama panjang dengan lebar masing-masing tiga meter. Dua jendela memanjang ditambahkan di bagian kamar. Jendela kecil ditambahkan di samping pintu masuk. Untuk menambah pencahayaan alami dalam rumah, jendela besar ditambahkan di atas pintu masuk.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - Tampak Depan

Atap pelana simpel menutup bagian atas rumah. Sisi ruang utama sengaja dibuat lebih tinggi dari sisi ruang tidur. Plafond untuk ruang utama sengaja ditinggikan, 3,7 m agar rumah terasa lebih luas.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - Tampak samping depan

Batu alam berwarna hitam ditambahkan menghiasi sekeliling jendela kamar dan dinding di samping teras. Untuk mempercantik tampilan rumah, teras dengaja dibuat sedikit berbeda dengan ditambahkannya garis vertikal pada tepi teras dan warna merah memenuhi bagian teras.

Desain Rumah Minimalis Tipe 30 Tanah 72 m2 - Tampak Samping

Demikian desain rumah tipe 30 tanah 72 m2 versi RUMAH mungil KITA. Meskipun lahan mungil, bukan berarti bangunan harus dibuat memenuhi semua lahan yang ada. Dengan penataan yang cermat, bangunan kecilpun bisa memenuhi semua kebutuhan akan ruang. Menyisakan sebagian lahan untuk taman baik di depan maupun belakang rumah akan mempuat rumah terasa lebih nyaman ditinggali. Penataan lengkap rumah ini dapat disimak pada artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Tipe 30 Tanah 72 (1 Lantai, 2 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi)

0 comments:

Posting Komentar