Pemanfaatan Area Bawah Tangga-minimalis properti desain

Pemanfaatan Area Bawah Tangga

Area Bawah Tangga untuk Berbagai Keperluan


Rumah mungil di tanah terbatas mengharuskan tiap bagian di dalam rumah dimanfaatkan seefisien mungkin. Area bawah tangga salah satunya. Area yang sering dilupakan pemanfaatannya ini dengan sedikit sentuhan dan ide bisa menjadi area yang lebih bermanfaat. Dapur, rak tv, gudang, kamar mandi merupakan beberapa contoh pemanfaatan area tangga secara efisien. Berikut contoh pemanfaatan area bawah tangga yang sebelumnya ernah dibahan si RUMAH mungil KITA.



Dapur


Pemanfaatan area bawah tangga untuk dapur mulai banyak diminati. Dengan cara ini tak perlu menambahkan ruang khusus untuk dapur di rumah mungil yang serba terbatas. Agar tempat yang minim bisa dimanfaatkan secara maksimal, dapur sebaiknya diisi dengan kitchen set atas dan bawah sesuai dengan ukuran area tangga yang tersisa.

dapur bawah tangga

Dapur berwarna putih abu-abu ini terletak di bawah tangga dengan berukuran 1,5x4,5 m. Dapur dibuat berbentuk L. Agar dapur terlihat lebih luas, cermin ditempatkan di dindind dapur sebagai pengganti backdrop dapur. Kitchen set atas dibuat sesuai dengan area dapur yang tersisa.

dapur di bawah tangga

Dapur di bawah tangga ini dibagi menjadi dua area, area memasak dan area penyimpanan. Area untuk mencuci, menyiapkan bahan dan memasak ditempatkan di bawah tangga. Sedang berbagai peralatan masak yang jumlahnya cukup banyak ditempatkan di lemari besar di samping kitchen set. Hal yang cukup menarik dari dapur ini adalah keberadaan "lemari lain" yang sebenarnya merupakan kamuflase dari pintu kamar mandi di samping lemari asli.

dapur di bawah tangga

Dapur dan ruang makan sebenarnya tidak tersedia di rumah dengan luas bangunan hanya 38 m2 ini. Karenanya area bawah tangga pun menjadi satu-satunya tempat yang cocok untuk dijadikan dapur. Dapur dibuat lurus memanjang di bawah tangga. Sebagai pengganti ruang makan, di ujung dapur dibuatkan mini bar dengan dua kursi tinggi. Agar tampak menarik di atas mini bar ditempatkan lampu dan panel hitam mendatar. Lemari es mungil ditempatkan di sudut mini bar.

Rak TV


Rak TV di rumah mungil juga cocok ditempatkan di bawah tangga, contohnya rak tv ini. Dengan warna putih yang serasi dengan warna dominan rumah rak tv ini tampak menawan. 


Selain berfungsi sebagai rak TV, rak ini juga berfungsi sebagai lemari serbaguna tempat menyimpan berbagai perlengkapan rumah. Tinggi lemari disesuaikan dengan area yang tersisa di bawah tangga.

Gudang


Gudang di area bawah tangga tidak harus dalam bentuk ruangan mungil dengan pintu. Gudang "mungil" yang tertata apik juga bisa ditempatkan di bawah tangga. Misalnya pemanfaatan area bawah tangga yang cukup unik ini. 

rak untuk gudang di bawah tangga

Berbeda dengan bagian atas tangga yang diakses dari dalam rumah, bagian bawah tangga rumah ini hanya bisa diakses dari luar rumah, tepatnya carport rumah. Area bawah tangga yang tersisa kemudian dibuatkan beberapa sekat mendatar yang cukup kuat menyanggah barang berat. Ukuran sekat disesuaikan dengan area yang tersisa. Agar tampak rapi, barang di gudang mungil ini akan ditempatkan dalam box contaainer yang disusun berjajar.

Piano


Piano juga tampak manis ditempatkan di bawah tangga. Misalnya di rumah bernuansa barbie ini. Area kosong di bawah tangga putar dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan piano. 

piano di bawah tangga

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemanfaatan Area Bawah Tangga

0 comments:

Posting Komentar