Monday, January 27, 2014

Tips Hemat Renovasi Rumah

Posted by on Monday, January 27, 2014

Merenovasi Rumah, Hasil Maksimal dengan Biaya Minimal


Sebelumnya, RUMAH mungil KITA telah memaparkan beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi di Ingin Merenovasi Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal Berikut. Selain pertimbangan tersebut, beberapa tips berikut juga dapat membantu menekan serendah mungkin biaya renovasi dengan tetap memperhatikan kualitas bangunan.


Tips Hemat dalam Renovasi Rumah

  • Untuk yang berkaitan dengan struktur rumah, pondasi, kolom dan balok, gunakan kualitas terbaik agar rumah lebih kuat dan bisa bertahan lama.
  • Untuk sesuatu yang akan ditanam seperti pipa dalam tanah, septiktank, sumur, juga gunakan kualitas terbaik. Tentunya anda tidak ingin suatu saat membongkar rumah karena adanya pipa tanam yang bocor.
  • Untuk yang berkaitan dengan finishing rumah seperti keramik untuk lantai, cat dalam rumah, keran, sink dan sebagainya, tidak ada salahnya menggunakan kualitas nomor dua. Tetapi untuk cat di luar rumah, tetap gunakan cat khusus tembok luar kualitas terbaik yang tahan air dengan warna tidak mudah luntur.
  • Untuk kusen, jendela, dan pintu sebaiknya menggunakan aluminium. Jika dibandingkan dengan kayu berkualitas rendah harga aluminium memang relatif lebih mahal, namun jauh lebih kuat. Tetapi, jika dibandingkan dngan kayu berkualitas tinggi, harga aluminium jauh lebih murah.
  • Jika anda menginginkan kayu pada kusen, tidak ada salahnya menggunakan kayu reklamasi. Kayu reklamasi adalah kayu bekas yang digunakan kembali. Kayu tua dengan kualitas tinggi jauh lebih baik daripada kayu baru kualitas rendah kaena biasaanya kayu baru yang digunakan adalah kayu muda.
  • Untuk rangka atap, sebaiknya gunakan rangka atap baja ringan. Jauh lebih awet daripada kayu biasa, tidak mudah rapuh dan dimakan rayap dengan harga lebih murah daripada kayu kualitas tinggi.
  • Untuk genteng, jika genteng beton dirasa mahal, tidak ada salahnya menggunakan genteng metal. Selain lebih murah, genteng metal memiliki lebih banyak pilihan, berwarna sehingga tidak perlu dicat, lebih ringan sehingga konstruksi rangka atap bisa menjadi lebih sederhana.
  • Gunakan kembali material bekas rumah lama yang masih bagus dan masih dapat digunakan kembali. kusen, pintu, jendela, atap, asbes, lampu, kabel, pipa, keran dan berbagai material lain yang masih bagus, sebaiknya digunakan kembali. Jika sudah tidak digunakan kembali, namun kondisinya masih benar-benar bagus tidak ada salahnya menjualnya.
  • Dalam merenovasi rumah, coba sesedikit mungkin membongkar rumah lama dan menambah bagian rumah baru. Hal ini tentunya akan menekan banyak biaya
  • Buat rumah lurus, tanpa banyak belokan pada dinding. Jika ingin membuat belokan pada dinding, sebaiknya dibuat pada jarak tiga meter sesuai dengan tempat peletakan kolom.
  • Jika ingin membangun lantai dua rumah, desain sedemikian rupa agar lantai dua rumah sama dan sebangun dengan lantai satu rumah. Hal ini dapat membantu struktur rumah menjadi lebih kuat karena dinding dan kolom di lantai dua sejajar dengan dinding dan kolom di lantai satu. Untuk kamar mandi di lantai dua usahakan berada di atas kamar mandi di lantai satu agar saluran air dan saluran pembuangan yang dibutuhkan lebih sedikit.
  • Jika dana anda terbatas, idak perlu menambahkan ornamen tambahan seperti batu alam atau kaca hias yang fungsi utamanya hanya sebagai penambah estetika.
  • Untuk bagian tertentu dalam rumah, tidak ada salahnya membuatnya dalam keadaan "setengah jadi". Misalnya untuk dinding di taman, agar terlihat lebih alami, dibiarkan dalam bentuk batu bata ekspos tanpa dicat, atau untuk dapur kotor dibiarkan hanya semen tanpa lantai keramik dan sebagainya.

Demikian beberapa tips dari RUMAH mungil KITA dalam menghemat biaya renovasi rumah. Semoga bermanfaat bagi anda yang berencana atau sedang melakukan renovasi rumah.


logoblog

» Thanks for reading: Tips Hemat Renovasi Rumah

No comments:

Post a Comment