Renovasi Rumah Tipe 45 Tanah 84m2 (2 Lantai, 4 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)-minimalis properti desain

Renovasi Rumah Tipe 45 Tanah 84m2 (2 Lantai, 4 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)

Abu-abu Putih Menawan di Rumah Hasil Renovasi Tipe 45 dengan Biaya Minimal

Melanjutkan artikel mengenai renovasi rumah sebelumnya, yakni Renovasi Rumah Tipe 21 Tanah 84 dan Renovasi Rumah Tipe 36 Tanah 90, RUMAH mungil KITA akan membahas renovasi rumah berukuran lebih besar, yakni rumah tipe 45. Bagi yang baru saja berkeluarga, dengan satu atau dua anak yang masih kecil, rumah tipe 45 yang biasaya terdiri dari dua kar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, ruang makan dan dapur mungkin dirasa sudah cukup untuk ditempati. Namun seiring dengan bertambahnya waktu, kemungkinan bertambahnya anggota keluarga, keinginan tiap anak memiliki kamar sendiri, dan kemampuan lebih untuk membesarkan rumah, bukan tidak mungkin suatu saat rumah tersebut dirasa perlu direnovasi. Berikut contoh renovasi rumah tipe 45 menjadi rumah dua lantai dengan luasa bangunan hasil renovasi 90 m2.


Bagi anda yang baru akan membangun sebuah hunian mungil satu lantai dan berangan-angan kelak ingin membangunnya menjadi dua lantai saat keuangan mencukupi, ada baiknya memikirkan sejak awal desain rumah sebelum dan sesudah renovasi. Hal ini penting agar hunian mungil awal yang kita bangun sejalan dengan rumah renovasi sehingga saat tiba saatnya merenovasi rumah tidak banyak hal yang harus dirubah dari rumah sebelumnya. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa ditekan sesedikit mungkin. Seperti contoh renovasi rumah berikut.

Denah Rumah Awal
Yang Ditambahkan dalam Renovasi Rumah
Denah Rumah Setelah Renovasi
Tampak Luar Rumah Setelah Renovasi

Denah Rumah Awal

Denah awal rumah tipe 45 ini bisa disebut sebagai "standar" rumah tipe 45. Kebanyakan tipe 45 memiliki denah seperti rumah ini. Berdiri di atas tanah berukuran 7x12 m2, rumah ini memiliki dua kamar tidur berukuran 2,8x3m yang berjajar di sisi kiri rumah, satu kamar mandi berukuran 1,5x,5m dan dapur berukuran 1,5x4,5 m di sisi kanan rumah, serta satu ruang utama untuk ruang tamu dan ruang makan berukuran 2,7x6,5 m di bagian tengah rumah. Rumah juga terlihat simpel dengan atap pelana memanjang dari depan ke belakang. Di depan rumah masih terdapat tanah kosong berukuran 4,5x7 m untuk carport, teras dan taman, sedang di belakang rumah masih terdapat tanah berukuran 1,5x7m untuk taman.

Denah rumah mungil minimalis tipe 45, renovasi rumah tipe 45

Tampak depan rumah terlihat begitu simpel dalam balutan warna putih dan abu-abu. Dua tiang mungil berwarna abu-abu ditempatkan di teras. Pintu dobel ditempatkan sebagai pintu masuk utama di teras dan pintu kecil di bagian samping rumah langsung menuju dapur. Warna putih digunakan di semua pintu, jendela dan kusen. Dinding rumah terlihat manis dengan warna abu-abu di bagian bawah dan putih di bagian atas.

Tampak luar rumah mungil minimalis tipe 45


kembali ke atas

Yang Ditambahkan dalam Renovasi Rumah

Ruangan yang ingin ditambahkan dalam renovasi rumah ini adalah dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang keluarga. Agar renovasi tidak memakan banyak biaya, renovasi dilakukan sesimpel mungkin tanpa banyak merubah rumah asli. Pondasi rumah sedari awal pembangunan memang sudah disiapkan untuk hunian dua lantai sehingga tanpa merubah pondasi, rumah sudah cukup kuat untuk dibangun menjadi dua lantai. Agar rumah lebih kuat lagi, dinding dan ruangan di lantai dua dibuat sama persis dengan lantai satu. Tidak ada penambahan ruangan di luar rumah awal baik di lantai satu maupun di lantai dua. Bentuk lantai dua yang sama dan sebangun memungkinkan genteng dan rangka atap baja ringan yang digunakan pada rumah awal digunakan kembali pada rumah hasil renovasi.

Hanya sedikit perubahan pada lantai satu, yakni menghilangkan dinding pembatas antara ruang tamu dan dapur serta meniadakan pintu samping rumah dan menggantinya dengan jendela. Area yang sebelumnya dapur dijadikan area tangga dan dapur ditempatkan di bawahnya. Di lantai dua, kamar tidur dan kamar mandi diletakkan persis di atas kamar tidur dan kamar mandi di lantai satu. sisa ruangan di tengah dijadikan ruang keluarga dan area untuk bermain anak. Area di atas tangga dibiarkan kosong, dan rail dipasang sepanjang sisi kanan ruang keluarga. Demi keamanan anak saat berada di atas, antara tangga dan lantai atas juga dipasang rail dengan pintu yang bisa dikunci, sehingga anak tidak naik atau turun tangga sendiri tanpa pengawasan orang dewasa.


kembali ke atas

Denah Rumah Setelah Renovasi

Setelah direnovasi, kira-kira seperti ini denah rumahnya. Terdapat empat kamar berukuran 2,8x3m, dua kamar mandi berukuran 1,5x1,5m, ruang tamu, ruang makan, dapur di bawah tangga, ruang keluarga dan ruang bermain anak. Di depan rumah masih terdapat sisa tanah 4,5x7m untuk carport, teras dan taman, sedang di belakang rumah tersedia tanah berukuran 1,5x7m untuk taman.

Renovasi Rumah Mungil Minimalis Tipe 45 tanah 84

Renovasi Rumah Mungil Minimalis tipe 45 tanah 84

Dan berikut denah rumahnya dalam bentuk tiga dimensi.
renovasi rumah mungil minimalis tipe 45 tanah 84

renovasi rumah mungil minimalis tipe 45 tanah 84


kembali ke atas

Tampak Luar Rumah

Agar tambahan rumah terlihat serasi dengan rumah awal tanpa banyak memakan biaya tampak depan rumah hasil renovasi pun dibuat sama persis dengan rumah awal. Sepertiga dinding bagian bawah berwarna abu-abu sedangkan dinding sisanya berwarna putih. Dua tiang di teras diteruskan sampai ke lantai dua. Di atas teras lantai satu dibuatkan teras lantai dua. Pintu dan jendela lantai dua pun dibuat sama persis dengan pintu dan jendela di lantai satu, baik dari sisi bentuk, letak maupun warnanya.

Tampak samping rumah hasil renovasi seperti ini

Perbandingan antara rumah sebelum dan setelah direnovasi

Penataan lengkap rumah hasil renovasi dapat disimak di Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 45 Tanah 84 Lantai Satu dan di
Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 45 Tanah 84 Lantai Dua
kembali ke atas

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Renovasi Rumah Tipe 45 Tanah 84m2 (2 Lantai, 4 Kamar Tidur, 2 Kamar Mandi)

0 comments:

Posting Komentar