Friday, December 13, 2013

Renovasi Rumah Tipe 21 Tanah 90m2 (1lantai, 1Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

Posted by on Friday, December 13, 2013

Hijau yang Alami dan Menyejukkan di Rumah Hasil Renovasi Tipe 21

Setelah sebelumnya membahas mengenai renovasi rumah mungil tipe 36, kali ini RUMAH mungil KITA akan membahas renovasi rumah yang ukuran awalnya lebih mungil lagi, yakni renovasi rumah tipe 21. Rumah tipe 21 biasanya merupakan tipe rumah paling mungil yang disediakan oleh pengembang. Dengan luas bangunan tidak lebih dari 21m2, rumah tipe ini hanya berisikan satu ruang tamu, satu kamar tidur dan satu kamar mandi. Untuk yang belum berkeluarga rumah ini mungkin sudah dirasa cukup memadai. Namun, untuk yang sudah berkeluarga menempati rumah ini tanpa direnovasi lebih dulu seringkali dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan. Berikut ini contoh renovasi rumah tipe 21 versi RUMAH mungil KITA.



Sebelum direnovasi, rumah ini hanya terdiri dari satu ruang utama berukuran 4x2,5m, satu kamar tidur berukuran 2,5x2,75m dan satu kamar mandi berukuran 1,25x1,25m. Hal yang cukup menguntungkan dari rumah ini adalah tanahnya yang cukup besar dibandingkan rumah tipe 21 kebanyakan. Luas tanah keseluruhan sebesar 90m2, dengan lebar tanah 7,5m dan panjang 12m. Di depan rumah masih tersisa tanah berukuran 5x7,5m, sedang di belakang rumah masih tersisa tanah berukuran 3x7,5m. Di siisi kiri ruang tamu masih tersedia tanah kosong selebar 2,5m. Desain awal rumah terlihat begitu sederhana dan didominasi oleh warna hijau.

renovasi rumah mungil tipe 21

Agar rumah hasil renovasi dapat memenuhi semua kebutuhan pemilik, ada banyak ruangan yang ingin ditambahkan di rumah ini. Pemilik rumah ingin ada tambahan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur dan ruang makan, serta ruang tamu. Sehingga total akan tersedia tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan ruang tamu. Pemilik juga ingin agar tetap ada taman mungil di belakang rumah. Untuk menghemat biaya, renovasi sebisa mungkin dilakukan tanpa merubah denah rumah asli dan tanpa menambah lantai dua. Mengingat terbatasnya lahan dan banyaknya ruangan yang ingin ditambahkan tanpa meningkatkan rumah, tentunya perlu penataan ruang yang cermat agar semua ruang yang diinginkan bisa didapatkan. Perbandingan terbalik antara banyaknya kebutuhan ruangan dan ketersediaan lahan menyebabkan ruangan hasil renovasi terbilang cukup mungil. Namun, dengan penataan yang baik, setiap ruang yang ada tetap dapat dimanfaatkan seefisien mungkin untuk memenuhi kebutuhan.


Denah Rumah Hasil Renovasi


Tidak banyak yang diubah dari denah rumah awal. Ruang tamu awal dijadikan ruamng keluarga. Agar terdapat ruang tamu, sisa tanah didepan rumah sebesar 2x2,5m digunakan untuk ruang tamu. Agar terdapat batas yang jelas antara ruang tamu dan ruang keluarga, ruang tamu dibuat satu meter lebih ke kiri daripada ruang keluarga. Di sebelah ruang tamu masih ada sisa sedikit tanah untuk taman di depan kamar. Pintu ruang tamu terdapat di samping rumah. Beberapa kolom kecil ditempatkan di teras ruang tamu untuk menyamarkan pintu. Jendela besar memenuhi sisi depan dan samping ruang tamu.


Tanah kosong berukuran 2,5x7m di sisi kiri ruang keluarga dijadikan dua kamar tidur. Satu kamar tidur berukuran 2,5x2,75 dan satu kamar tidur utama berukuran 2,5x4,25m dengan kamar mandi berukuran 1,25x1,25m di dalamnya. Di sisi kanan belakang rumah dibuat ruang makan dan dapur berukuran 2,5x3m. Sisa tanah bagian tengah belakang rumah dibiarkan kosong untuk taman. Dinding di sisi belakang ruang keluarga dibuatkan pintu kaca geser lipat yang menghubungkannya langsung ke taman. Jendela di kamar tidur utama dan dapur menghadap langsung ke taman.

Berikut gambar denah secara keseuruhan
renovasi rumah mungil tipe 21

renovasi rumah mungil tipe 21
Warna hijau yang alami dan menyejukkan tetap digunakan sebagai warna utama rumah hasil renovasi. Kesan alami semakin terasa dengan adanya ornamen rumput sintetis yang "ditanamkan"pada dinding depan rumah. Warna hijau yang alami dipadukan dengan warna putih yang berkesan bersih membuat tampilan rumah semakin menentramkan. Jendela besar memenuhi sisi depan dan sisi kiri ruang tamu. Pintu kaca dengan aksen bergaris memanjang ditempatkan di sisi kanan ruang tamu. Beberapa kolom berwarna putih ditempatkan di tepi teras untuk menyamarkan pintu ruang tamu sehingga privasi pemilik rumah lebih terjaga. Jendela kamar anak terletak di sisi kanan dan kiri fasad depan rumah. Untuk atap dipilih model minimalis dengan sisi sejajar di bagian kanan dan kiri dan sedikit mengerucut di bagian ruang tamu.

renovasi rumah mungil tipe 21

renovasi rumah mungil tipe 21

Berikut sedikit perbandingan rumah sebelum dan setelah direnovasi
renovasi rumah mungil tipe 21

kembali ke atas

Penataan rumah hasil renovasi tersebut dapat dilihat di Penataan Rumah Hasil Renovasi Tipe 21 Tanah 90i.
logoblog

» Thanks for reading: Renovasi Rumah Tipe 21 Tanah 90m2 (1lantai, 1Kamar Tidur, 1Kamar Mandi)

No comments:

Post a Comment