Saturday, December 21, 2013

Kumpulan Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur Mungil

Posted by on Saturday, December 21, 2013

Kumpulan Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur Mungil


Rumah mungil identik dengan ruangan yang serba terbatas. Namun terbatas bukanlah suatu alasan untuk meniadakan  ruang-ruang fundamental dalam rumah, seperti ruang makan dan dapur. Untuk yang masih belum berkeluarga mungkin ruang makan dan dapur dianggap bukan sebuah ruang yang harus selalu ada di dalam rumah. Namun, untuk yang sudah berkeluarga tidak lengkap rasanya sebuah rumah tanpa kehadiran ruang makan dan dapur, karena memasak adalah kunci utama dalam memenuhi kebutuhan akan nutrisi seluruh anggota keluarga.
Jika area rumah yang dimiliki sangat minim, namun menginginkan agar dapur dan ruang makan tetap ada di dalam rumah, maka salah satu cara mensiasatinya adalah dengan menggabungkan beberapa fungsi ruangan. Seringkali ruang makan digabung menjadi satu dengan dapur. Jika area yang tersedia cukup besar, ruang makan bisa dihadirkan dalam bentuk meja dan kursi makan konvensional. Namun, jika area yang tersedia terbatas, maka area untuk makan tidak harus dibuat dalam bentuk meja makan biasa. Mini bar yang mungil, yang dibuat menyatu dengan kitchen set bisa menjadi pilihan yang cukup bijak. Namun, jika area dapur yang tersedia benar-benar mungil dan tidak memungkinkan untuk ditambahkan meja, maka ruang makan bisa disisipkan di ruang lain dalam rumah seperti di ruang tamu atau ruang keluarga dengan menambahkan meja dan kursi mungil yang bisa disisipkan di bawah meja saat tidak digunakan.

Dalam artikel ini, RUMAH mungil KITA akan mengulas kembali berbagai penataan ruang makan yang karena keterbatasan tempat harus digabung dengan dapur mungil. Artikel ini hanya merupakan ringkasan singkat dari tiap ruang makan dan dapur yang pernah ada dalam artikel sebelumnya. Penjelasan lebih lengkap mengenai tiap ruangan dan dapat disimak di link artikel yang berkaitan.

Ruang Makan dan Dapur Biru yang Lapang Memanjang Tanpa Batas

kitchen set dapur mungil minimalis biru putih dengan kaca besar

Ruangan berukuran 3.5x3 m ini berfungsi ganda yakni sebagai ruang makan dan dapur sekaligus, masing-masing ditempatkan di dua sisi berlawanan. Kitchen set dibuat memanjang berbentuk I disatu sisi dan meja makan ditempatkan menempel di sisi dapur lainnya.

kitchen set dapur mungil minimalis biru putih dengan cermin besar

Kitchen set bawah berisikan lemari es, mesin cuci bukaan depan, kitchen sink, laci dan kompor yang disusun berjajar. Meja dapur juga ditambahkan di area di atas mesin cuci sehingga area ini juga dapat digunakan sebagai tempat menyiapkan makanan. Di bagian atas lemari es disiapkan tempat untuk menyimpan oven. Di bagian atas kitchen sink ditempatkan rak dengan bagian bawah terbuka sebagai tempat penyimpanan piring setelah dicuci. Di bagian atas kompor ditempatkan penghisap asap. Kitchen set atas dibuat memanjang sampai ke plafond sehingga memberi tambahan ruang untuk penyimpanan berbagai peralatan makan dan memasak.

kitchen set mungil biru putih

Agar terlihat lebih lapang ditempatkan cermin besar di sisi kanan dan kiri kitchen set. Dua cermin berhadapan di antara kitchen set mampu menampilkan bayangan yang membuat kitchen set terlihat memanjang tanpa batas. Meja makan ditempatkan menempel di dinding di sisi lain dapur. Empat kursi makan dibuat mengelilingi meja makan.

Hitam Putih yang Menawan pada Dapur dengan Mini Bar yang Terletak di Bawah Tangga

Di rumah mungil ini, ruangan yang tersedia untuk dapur dan ruang makan di rumah ini terbilang sangat minim. Ruangan berukuran 2x4m harus diatur secermat mungkin agar didalamnya bisa ditempatkan tangga, dapur dan ruang makan. Cara mensiasatinya tentu dengan memanfaatkan area yang ada di bawah tangga untuk dapur. Agar dapur terlihat lebih rapi, ditempatkan kitchen set bawah dengan kompor tanam dan sink satu lubang serta sedikit kitchen set atas, disesuaikan dengan sisa ruang yang tersedia di bawah tangga. Untuk bahan pelapis kitchen set, digunakan high gloss panel berwarna hitam dan putih yang senada dengan keseluruhan ruang di dalam rumah.
kitchen set mungil minimalis hitam putih di bawah tangga

Ruang makan disisipkan pada dapur dengan menempatkan meja bar mungil di sudut luar kitchen set. Agar tampilan lebih menarik, ditambahkan panel hitam di atas meja bar lengkap dengan tiga lampu hias. Dua kursi bulat disiapkan sebagai kursi makan. Lemari es tersembunyi di sudut bawah meja bar.



Dapur Oranye yang Ceria dan Energik

Dapur dan runag makan di area berukuran 2,75x3 m ini terlihat berbeda dari dapur kebanyakan. Warna oranye yang ceria dipilih sebagai warna utama di kitchen set. Dipadu dengan warna putih, dapur ini nampak lebih menarik.

kitchen set oranye yang ceria dan energik

Meja makan ditempatkan di sisi lain dapur. Lukisan berwarna senada ditempatkan di belakang meja makan. Hadirnya cermin memanjang di samping kitchen set menghadirkan lemari es "empat pintu" dan membuat kitchen set terasa dua kali lebih panjang.

Dapur Alami dengan Batu Bata Ekspos dan Merah yang Elegan

Dapur dan ruang makan ini berukuran 2,5x3 m. Kehadiran batu bata ekspos di salah satu sisi dapur membuat dapur ini terlihat lebih alami. Warna merah dipilih sebagai warna utama di dapur ini dan membuat dapur terasa lebih hidup.

dapur dengan batu bata ekspos dan kitchen set merajh

Sebagai pengganti meja makan, mini bar ditempatkan di sudut dapur. Tiga cermin memanjang ditempatkan di sudut mini bar membuatnya terasa lebih luas. Tambahan tiga lampu gantung di atas mini bar membuat tampilan mini bar secara keseluruhan tampak lebih menarik

Hijau yang alami dan menyegarkan di dapur mungil rumah hasil renovasi tipe 21

Ruangan berukuran 2,5x3m ini berfungsi sebagai ruang makan dan dapur. Terbilang sangat mungil untuk dua fungsi sekaligus. Agar terlihat rapi, kitchen set atas dan bawah diletakkan memanjang di sisi kanan. Kompor tanam dan sink satu lubang diletakkan berdekatan. Lemari es ditempatkan di ujung kitchen set. Meja makan oval diletakkan di sisi kiri ruangan menempel pada jendela. Empat kursi makan bundar mengelilingi meja. Warna hijau yang menyejukkan dipilih sebagai warna utama diselingi sedikit warna putih. Lukisan bunga minimalis dengan warna senada ditempatkan di sudut ruangan.

kitchen set mungil minimalis hijau menyatu dengan meja makan


Abu-abu yang Tenang di Ruang Makan Memanjang

Ruang makan dan dapur di rumah mungil tipe 45 dengan tiga kamar tidur ini merupakan sebuah ruang mungil yang menyatu dengan ruang tamu. Warna abu-abu dipilih sebagai warna utama ruangan. Tampilan lain yang cukup kontras tampak pada meja makan bundar hitam berdiameter 90 cm yang terletak di tengah ruangan. Empat buah kursi berwarna hitam dan abu-abu mengelilinginya. Ruang makan yang cukup mungil ini nampak lebih luas demgam adanya pintu geser lipat kaca yang menghubungkan ruang makan dengan kolam mungil di belakang rumah.

kitchen set mungil minimalis abu-abu menyatu dengan ruang makan

Warna abu-abu dipilih sebagai warna utama kitchen set atas dan bawah. Agar terlihat bersih, meja kitchen set dibuat berwarna putih. Lemari es ditempatkan di ujung kitchen set.

kitchen set mungil minimalis abu-abu

Coklat Kayu yang Hangat di Dapur Bawah Tangga

Luas area keseluruhan ruang makan, dapur dan tangga di rumah ini adalah 3x4,5m2. Karena area tangga yang berbentuk U memakan cukup banyak tempat, maka agar ruangan terasa lebih lapang, area di bawah tangga dimanfaatkan sebagai area dapur. Kitchen set bawa diletakkan sejaja di bawah tangga. Untuk tempat penyimpanan alat-alat dapur ditempatkan lemari dapur besar di sisi kittchen set.nSenada dengan ruang lain dalam rumah, coklat kayu yang hangat dipilih untuk kitchen set.

kitchen set mungil minimalis coklat kayu di bawah tangga

Ruang makan ditempatkan di sisi lain ruangan  Agar terlihat lebih luas, sebuah kaca besar ditempatkan di belakang meja makan. Laci mungil dengan lukisan di atasnya turut mempercantik ruangan.

meja makan mungil

Putih yang Elegan di Samping Taman

Di ruangan berukuran 2,5x2,75 ini fungsi dapur digabung menjadi satu dengan ruang makan. Warna putih yang berkesan bersih dan elegan digunakan pada hampir semua bagian ruangan ini. Kitchen set atas dan bawah disusun dengan rapi di sudut ruangan. Panjang kitchen set hanya 1,5m dengan lebar 1m. Lemari es mungil diletakkan di ujung kitchen set. Agar ruangan terlihat lebih luas, cermin diletakkan pada bagian backdrop kitchen set. Meja makan diletakkan menempel pada dinding. Ruangan ini berhadapan langsung dengan taman. Sebagai pembatas, antara ruang makan dan taman digunakan pintu kaca yang bisa dilipat. Saat pintu dibuka, area makan terasa lebih luas dan menyatu dengan taman.

kitchen set mungil minimalis putih menyatu dengan meja makan

logoblog

» Thanks for reading: Kumpulan Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur Mungil

No comments:

Post a Comment