Kumpulan Desain Dapur Berukuran Sangat Mungil-minimalis properti desain

Kumpulan Desain Dapur Berukuran Sangat Mungil

Kumpulan Desain Dapur Berukuran Sangat Mungil


Saat ini rumah-rumah mungil yang banyak dipasarkan jarang disertai dengan dapur. Padahal, untuk yang sudah berkeluarga, dapur merupakan salah satu ruang terpenting di dalam rumah. Tanpa dapur, sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga secara maksimal. Jika tidak mungkin menambahkan ruangan untuk dapur, maka menyisipkan dapur di tengah ruangan lain, dan membuatnya semungil mungkin sesuai dengan sisa ruang yang ada merupakan salah satu solusi agar tetap terdapat dapur di rumah mungil kita.


Menyisipkan Dapur di Tengah Ruang Lain, Mungkinkah?


Bentuk dan desain dapur terus berubah dari masa ke masa. Dahulu dapur selalu identik dengan ruang di belakang rumah, yang kotor, penuh asap dan tidak layak jika nampak dari ruang di bagian depan rumah. Seiring dengan perkembangan zaman, kompor dan berbagai peralatan dapur berubah menjadi jauh lebih baik. Kompor yang sebelumnya hanya terbuat dari tanah liat dengan banyak kepulan asap berkembang menjadi kompor minyak kompor gas dan kompor listrik. Kompor yang sebelumnya harus diletakkan di bawah,, sekarang bisa diletakkan di atas kitchen set, atau bahkan ditanamkan di dalam kitchen set, sehingga tampilan dapur menjadi lebih rapi. Kepulan asap yang sering dianggap menganggu di dapur  sekarang bisa diatasi dengan penghisap asap.

Alat-alat untuk memasak pun banyak mengalami perkembangan dari masa ke masa. panci, wajan dan berbagai alat memasak yang ada sekarang hadir dalam berbagai model dan warna menarik. Hadirnya kompor listrik pun menjadikan berbagai alat memasak tersebut akan tetap terlihat indah meski berkali-kali dipakai karena tidak ada lagi alat dapur yang menghitam karena gosong.

Berbagai macam perlengkapan elektronik yang membantu di dapur seperti mixer, blender, juicer dan semacamnya mampu membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Dengan begitu, tentunya area yang diperlukan untuk memasakpun bisa lebih sedikit.

Jadi, jika dapur saat ini bisa hadir lebih rapi dengan hadirnya kompor tanam, asap di dapur bisa dihilangkan dengan penghisap asap, alat-alat memasak bisa tampil manis bahkan cukup menarik untuk dipajang, dan area memasak yang dibutuhkan tidak lagi harus sebesar dulu, tentu saja jika rumah terlalu mungil untuk ditambahkan dapur,  boleh-boleh saja menyisipkan dapur berukuran mungil di tengah-tengah ruang lain.

Dalam artikel berikut, Rumah Mungil Kita akan menampilkan kembali beberapa contoh desain dapur mungil yang sebelumnya pernah dibahas. Penjelasan lebih lanjut mengenai tiap ruangan, dapat disimak di link artikel yang berkaitan.


kitchen set mungil minimalis putih abu-abu di bawah tangga

Area berukuran 3,5x1,5 m ini terletak di bawah tangga. Minimnya ruangan menjadikan area di bawah tangga merupakan area yang pas digunakan sebagai dapur. Ukuran kitchen set disesuaikan dengan sisa area yang tersedia di bawah tangga. Warna abu-abu putih yang senada dengan warna rumah dipilih sebagai warna utama kitchen set.

kitchen set mungil minimalis

Dapur ini terletak di rumah dengan luas bangunan tidak lebih dari 25m2. Sebenarnya area ini bukan area dapur, hanya sebuah area kosong dengan ukuran 1,2 x 1,2 m2. Namun karena tidak ada ruang di rumah ini yang bisa dijadikan dapur, maka area kosong inipun dimanfaatkan. Agar dapat menyimpan berbagai peralatan dapur, dibuat kitchen set lurus dengan ukuran panjang 1,2 m. Kompor tanam mungil memanjang, berukuran 50x60 cm diletakkan di sisi kiri dapur dekat jendela. di sisi kanan diletakkan wastafel. Warna hijau dan kuning digunakan untuk menampilkan kesan ceria pada dapur mungil ini. Cermin ditempatkan pada area backdrop agar dapur terkesan lebih luas.

kitchen set mungil di bawah tangga

Dapur mungil ini terletak di bawah tangga. Dengan bentuk L kecil, kitchen set di dapur ini hanya berukuran panjang 1,8 m dan lebar 1 m. Lemari besar diletakkan di samping kitchen set ditempatkan lemari besar untuk tempat penyimpanan barang dapur. Warna coklat kayu yang hangat dan natural dipilih sebagai warna utama dapur.

kitchen set mungil minimalis hijau

 Dapur mungil ini menjadi satu dengan ruang makan dan hanya berukuran 2,5x3 m. Kitchen set diletakkan memanjang dengan sedikit pada bagian ujung. kitchen sink dan kompor tanam diletakkan berdekatan. High gloss panel hijau digunakan sebagai pelapis kitchen set sehingga kitchen set nampak lebih menarik.

Kitchen set mungil minimalis abu-abu

 Dapur ini nampak elegan dengan abu-abu. Kitchen set ditempatkan memanjang di sudut ruangan dengan ukuran panjang 2,35m. Lemari es diletakkan di sebelahnya. Karena di rumah ini, dapur, ruang makan dan ruang tamu menyatu tanpa sekat dalam suatu ruangan kitchen set dipilih agar tampilan dapur terlihat rapi dan menarik.

kitchen set mungil minimalis

 Dapur ini sangat mungil, hanya berukuran 1,6x2 m. Kitchen set atas bawah ditempatkan untuk memaksimalkan area penyimpanan berbagai peralatan dapur. Senada dengan warna rumah, cokelat muda dipilih sebagai warna utama kitchen set. Rak mungil untuk menyimpan berbagai bumbu masakan diletakkan di sisi kanan kitchen set.

kitchen set dapur mungil minimalis coklat

Kitchen set mungil berbentuk L dan hanya berukuran  panjang 1,5 dan lebar 1,3 m. Kompor tanam diletakkan di sisi kiri. Di bawah kompor terdapat laci mungil yang jika ditarik dapat menjadi meja kecil berfungsi sebagai tambahan tempat dalam mengolah berbagai bahan untuk memasak. Kulkas diletakkan di bawah kitchen set. Di atasnya disiapkan rak kosong untuk tempat microwave.

kitchen set dapur mungil minimalis di teras rumah

Menggunakan teras di belakang rumah sebagai dapur bisa juga menjadi salah satu solusi menempatkan dapur di hunian mungil. Kesulitan utama yang dihadapi dapur di luar rumah adalah pemilihan bahan yang baik agar meja dapur tidak cepat rusak karena pengaruh cuaca.

kitchen set dapur minimalis hitam putih bawah tangga

Secara teknis, rumah ini tidak memiliki ruang untuk dapur. Karenanya, memanfaatkan ruang yang tersedia di bawah tangga sebagai dapur merupakan pilihan bijak. Dapur mungil ini hanya berukuran panjang 2m. Agar senada dengan keseluruhan rumah, panel glossy dengan warna hitam putih dipilih sebagai bahan pelapis kitchen set. Sebagai pelengkap, ditambahkan meja bar berbentuk lonjong berukuran 0,9 x 0,6 m di ujung kitchen set yang juga merupakan pengganti meja makan. Untuk mempercantik tampilan, panel hitam dengan tiga buah lampu hias diletakkan di atas meja bar.


Kitchen set dapur mungil minimalis putih

Ruangan berukuran 2,5x3 m ini berfungsi ganda, yakni sebagai dapur dan ruang makan sekaligus. Kitchen berbentuk L dengan panjang 1,3m dan lebar 1,3m ditempatkan di sudut ruangan. Dominasi warna putih membuat kitchen set tampak elegan. Agar tidak terlihat sempit, cermin diletakkan pada bagian backdrop kitchen set. Pintu kaca geser yang menghubungkan dapur dengan taman bisa dibuka secara keseluruhan sehingga dapur dan ruang makan terasa menyatu dengan taman.

kitchen set dapur mungil minimalis biru putih dengan kaca besar

Secara matematis ukuran dapur ini terbilang cukup besar, yakni 3,5x3 m. Namun karena ruangan ini berfungsi ganda yakni sebagai ruang makan dan dapur sekaligus, ukuran yang tersisa untuk dapur hanya 3,5x1m. Kitchen set dibuat memanjang I dengan kitchen set bawah berisikan lemari es, mesin cuci bukaan depan, kitchen sink, laci dan kompor yang disusun berjajar. Kitchen set atas dibuat memanjang sampai ke plafond sehingga memberi tambahan ruang untuk penyimpanan berbagai peralatan makan dan memasak. Di bagian atas lemari es disiapkan tempat untuk menyimpan oven.

kitchen set dapur mungil minimalis biru putih dengan cermin besar

Agar terlihat lebih lapang ditempatkan cermin besar di sisi kanan dan kiri kitchen set. Dua cermin berhadapan di antara kitchen set mampu menampilkan bayangan yang membuat kitchen set terlihat memanjang tanpa batas.

kitchen set mungil biru putih

 Meja makan ditempatkan menempel di dinding di sisi lain dapur. Empat kursi makan dibuat mengelilingi meja makan.

kitchen set oranye yang ceria dan energik

Warna oranye juga bisa menjadi pilihan untuk dapur mungil. Kehadiran warna oranye mampu membuat dapur terasa lebih hidup. Paduan warna putih mempercantik dapur ini. Agar dapur terlihat lebih luas cermin memanjang ditempatkan di sudut kitchen set, menghadirkan "dapur lain" di dalam rumah.

Dapur merah yang tampak alami dengan batu bata ekspos

Dapur dengan batu bata ekspos juga bisa tampil menarik dengan hadirnya kitchen set dan mini bar merah seperti pada dapur ini. Tiga cermin kecil ditambahkan agar dapur terasa lebih luas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Desain Dapur Berukuran Sangat Mungil

0 comments:

Posting Komentar